Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep

Muhtar, Muhtar (2015) Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muhtar. 2014. “Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep”. Dibimbing oleh Salam dan Mayong Maman. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen true experimental design yang bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten pangkep tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 224 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak dengan teknik penentuan sampel yaitu simple random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas X B sebagai kelas kontrol dan X D sebagai kelas eksperimen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan SPPS versi 20 for windows menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan siswa dalam keterampilan menulis eksposisi dengan menggunakan media gambar pada kelas eksperimen menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 82,72, siswa mampu memeroleh nilai ketuntasan dan berada di atas KKM yang telah ditetapkan 32 orang siswa (97%) dan siswa yang berada di bawah KKM hanya 1 orang siswa (3%). Sedangkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis eksposisi tanpa menggunakan media gambar (pembelajaran konvensional) pada kelas kontrol menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 79,45, siswa yang mampu memeroleh nilai ketuntasan dan berada di atas KKM yang telah ditetapkan 23 orang siswa (69,7%) dan siswa yang berada di bawah KKM sebesar 10 orang siswa (30,3%). Jadi berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis eksposisi efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis eksposisi. Kata kunci : Penggunaan media, pembelajaran menulis eksposisi, efektif ABSTRACT MUHTAR. 2014. The Effectiveness of Images Media in Learning Exposition Writing Skills of Class X Students at SMAN 1 Segeri Pangkep (supervised by Salam and Mayong Maman). This study is a true experimental design research that aims to assess the effectiveness of the use of images media in exposition writing skills of class X students at SMAN 1 Segeri Pangkep. The study used the pretest-posttest control group design. The study was conducted in SMAN 1 Segeri Pangkep where the population was the entire tenth grade students at SMAN 1 Segeri Pangkep of academic year 2013/2014 with as many as 224 students. Sampling was selected by conducting random sampling technique. Samples obtained class XB as the control class and XD as an experimental class. The collected data were analyzed using SPSS version 20 for windows in descriptive statistics and inferential statistics analysis. The results showed that the student’s ability in exposition writing skills using images media in experimental class indicated the result of mean score 82.72 meaning that the students were able to obtain the value of completeness and were above the predetermined KKM showed by 32 students (97%) and only 1 student (3%) who was under KKM. While the students’ ability in exposition writing skill without using media images (conventional learning) in the control class showed the result of the mean score 79.45, students who were able to abtain the value of completeness and was above the predetermined KKM were 23 students (69.7%) and 10 students (30.3%) students who were under KKM. Thus, the result of the study showed that the use of images media in the exposition writing skills was effective to be applied in teaching exposition writing. Keywords: images media, learning exposition writing, effective

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:30
Last Modified: 21 Mar 2017 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2261

Actions (login required)

View Item View Item