Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Di SDN 83 Pangi-pangi Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

A.FITRIA, SYAM (2014) Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Di SDN 83 Pangi-pangi Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
A.FITRIA SYAM,.docx

Download (11kB)

ABSTRAK A.FITRIA SYAM, 2014. Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Di SDN 83 Pangi-pangi Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran serta hambatan-hambatan yang di alami oleh guru kelas dalam menerapkan konsep pendidikan karakter di SD Negeri 83 Pangi-pangi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari informan yang merupakan guru dan siswa kelas IV, V, VI. Sedangkan data sekunder berupa silabus dan RPP, serta gambaran umum lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat beberapa indikator yang menggambarkan terlaksananya pendidikan karakter pada proses pembelajaran PKn terkhusus pada kelas IV, V, VI. Hanya saja masih terdapat kekurangan dalam penerapannya yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter terdapat hambatan-hambatan yang sekaligus menjadi penghalang bagi guru kelas untuk menerapkan pendidikan karakter secara efektif yaitu, fasilitas sekolah yang masih kurang, pola asuh orang tua, pengaruh globalisasi yang berdampak pada moral peserta didik, perubahan nilai sosial, dan usia peserta didik yang masih tergolong anak-anak sehingga dibutuhkan metode yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: ?? sch_hum ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:02
Last Modified: 25 Apr 2016 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item