PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN PENERAPAN INDEKS CARD MATCH PADA SISWA TUNARUNGU KELAS I SLBN 1 GOWA

WA ODE SRYRAHAYU NIRWANA ALMI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN PENERAPAN INDEKS CARD MATCH PADA SISWA TUNARUNGU KELAS I SLBN 1 GOWA.

[img] Text
JURNAL Waode SryRahayu.docx

Download (124kB)
[img] Text
Skripsi Waode SryRahayu.docx

Download (10MB)

Abstract

Wa Ode SryRahayu Nirwana Almi, 2020. Peninngkatan Kemampuan membaca Permulaan Dengan Penerapan Indeks card Match Pada Siswa Tunarungu Kelas I SLBN 1 Gowa. Skirpi Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si dan Drs. Mufa’adi, M.Si program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan membaca permulaan dengan penerapan indeks card match pada siswa tunarungu kelas I SLBN 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada peningktan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan indeks card match pada siswa tunarungu kelas I SLBN 1 Gowa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan indeks card match pada siswa tunarungu kelas I SLBN 1 Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes, Observasi dan Teknik dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah satu siswa tunarungu kelas I SLBN 1 Gowa yang berinisial RGN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Kesimpulan penelitian ini: 1) kemampuan membaca siswa tunarungu kelas I SLBN 1 Gowa sebelum (pretest) menerapkan indeks card match berada pada kategori sangat kurang, 2) kemampuan membaca siswa tunarungu kelas I SLBN 1 Gowa setelah (posttest) menerapkan indeks card match berada pada kategori baik sekali, 3) terdapat peningkatan kemampuan membaca siswa tunarungu kelas I di SLBN 1 Gowa dengan menerapkan indeks card match dari kategori sangat kurang meningkat menjadi kategori baik sekali. Dengan demikian kemampuan setelah diberikan perlakuan siswa meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, siswa tunarungu, Indeks Card Match

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 06:27
Last Modified: 25 Feb 2022 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22393

Actions (login required)

View Item View Item