KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN DATAR (GEOMETRI) MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR III DI SLB-A YAPTI MAKASSAR

NURMANSYAH (2022) KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN DATAR (GEOMETRI) MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR III DI SLB-A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.docx

Download (5MB)
[img] Text
JURNAL.docx

Download (92kB)

Abstract

NURMANSYAH,2017. Kemampuan Mengenal Bangun Datar (Geometri) Menggunakan Media Puzzle Pada Murid Tunanetra Di Kelas Dasar III di SLB-A YAPTI Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Syamsuddin, M. Si dan Drs. Andi Budiman M.Kes, Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu murid tunanetra yang kurang mengenal dasar bangun datar (Geometri) kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Kemampuan Mengenal Bangun Datar (Geometri) Menggunakan media Puzzle Pada Murid Tunanetra di Kelas Dasat III SLB-A YAPTI Makassar ?”. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk Mengetahui Gambaran Penggunaan Media Puzzle dalam Mengenal Bangun Datar (Geometri) Pada Murid Tunanetra di Kelas Dasar III SLB-A YAPTI Makassar”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mengetahui kemampuan mengenal bangun datar (Geometri) pada murid tunanetra Kelas Dasar III sebelum dan sesudah menggunakan media Puzzle di SLB-A YAPTI Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subjek dalam penelitian ini adalah murid Tunanetra Kelas Dasar III yang berjumlah dua orang murid. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bangun datar (Geometri) sebelum menggunakan media Puzzle berada pada kategori cukup. Kemudian setelah menggunakan media Puzzle tedapat kemampuan mengenal bangun datar (Geometri) pada murid Tunanetra Kelas Dasar III di SLB-A YAPTI Makassar yaitu berada pada kategori baik sekali. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat kemampuan mengenal bangun datar (Geometri) pada murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar dari kategori cukup menjadi kategori baik sekali, berarti media Puzzle terdapat kemampuan mengenal bangun datar (Geometri) pada murid tunanetra kelas dasar III di SLB-A YAPTI Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Feb 2022 05:17
Last Modified: 21 Feb 2022 05:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22224

Actions (login required)

View Item View Item