PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA COMPIC PADA SISWA KELAS DASAR III DI SLB B YPPLB MAKASSAR

Arpin (2022) PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KOSAKATA ANAK TUNARUNGU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA COMPIC PADA SISWA KELAS DASAR III DI SLB B YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
1. cover depan.docx

Download (29kB)
[img] Text
2. cover dalam.docx

Download (17kB)
[img] Text
3. Persetujuan Pembimbing.docx

Download (45kB)
[img] Text
4. Prakata.doc

Download (86kB)
[img] Text
11. lampiran surat.docx

Download (6MB)
[img] Text
5. BAB I , II, III.docx

Download (93kB)
[img] Text
6. BAB IV.docx

Download (76kB)
[img] Text
7. BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

Arpin 2015. Peningkatan perbendaharaan kosakata anak tunarungu dengan menggunakan media compic pada siswa kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Tatiana Meidina, M.Si dan Dr.Bastiana. M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya perbendaharaan kosakata pada anak tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada peningkatan perbendaharaan kosakata anak tunarungu sebelum dan setelah penggunaan media compic pada siswa kelas dasar III di SLB YPPLB Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perbendarahaan kosakata anak tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar setelah menggunakan media compic. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas adalah media compic dan variabel terikat adalah perbendarahaan kosakata. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah anak tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar pada tahun ajaran 2014/ 2015 sebanyak 2 orang siswa. Tehnik pengumpulan dalam penelitian ini adalah tes perbuatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar perbendarahaan kosakata pada siswa tunarungu kelas dasar III Di SLB B YPPLB Makassar sebelum penggunaan media compic termasuk dalam kategori kurang. Sedangkan setelah penggunaan media compic pada siswa tunarungu kelas dasar III Di SLB B YPPLB Makassar mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan media compic dapat meningkatkan hasil belajar perbendarahaan kosakata pada siswa tunarungu kelas dasar III Di SLB B YPPLB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Jan 2022 05:59
Last Modified: 24 Jan 2022 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21883

Actions (login required)

View Item View Item