PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOMETRI MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BANGUN RUANG PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR VI DI SLB-B YAPALB MAKASSAR

Sitti Purnama (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOMETRI MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BANGUN RUANG PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR VI DI SLB-B YAPALB MAKASSAR.

[img] Text
ABSTRAK SITTI PURNAMA.docx

Download (44kB)
[img] Text
PURNAMA NOV 2012.docx

Download (149kB)

Abstract

SITTI PURNAMA, 2013. Peningkatan Hasil Belajar Geometri Melalui Penggunaan Alat Peraga Bangun Ruang Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar VI di SLB-B YAPALB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M. Si dan Drs. Achmad Tohir. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar geometri pada murid tunagrahita ringan kelas dasar VI di SLB-B YAPALB Makassar. Adapun rumusan masalah adalah apakah ada peningkatan hasil belajar geometri pada murid tunagrahita ringan kelas dasar VI SLB-B YAPALB Makassar melalui penggunaan alat peraga bangun ruang dapat?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geometri pada murid tunagrahita ringan kelas dasar VI di SLB-B YAPALB Makassar melalui penggunaan alat peraga bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun jumlah subyek penelitian sebanyak 4 orang murid tunargahita ringan kelas dasar VI SLB-B YAPALB Makassar tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dengan teknik tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesudah penggunaan alat peraga bangun ruang dalam pembelajaran geometri mengalami peningkatan dan termasuk dalam kategori berhasil sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adanya perbedaan hasil belajar matematika pada murid tunagrahita ringan kelas dasar VI SLB-B YAPALB Makassar dari sebelum penggunaan alat peraga bangun ruang hingga penggunaan alat peraga bangun ruang, dapat dinyatakan bahwa melalui penggunaan alat peraga bangun ruang dalam pembelajaran geometri dapat meningkatkan hasil belajar geometri pada murid tunagrahita ringan kelas dasar VI SLB-B YAPALB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:59
Last Modified: 18 Jan 2022 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21809

Actions (login required)

View Item View Item