Maria Lolong Muda (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II SLB NEGERI BERU MAUMERE.
Text
KAFERDEPAN.doc Download (183kB) |
|
Text
MIAROMAWI.doc Download (89kB) |
|
Text
BARU of SKRIPSI MARIA MUDA.docx Download (152kB) |
Abstract
MARIA LOLONG MUDA, 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II SLB Negeri Beru Maumere. Skripsi dibimbing oleh Drs. H. Syamsuddin, M.Si dan Dra. Hj. St. Kasmawati, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Negeri Beru Maumere. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan penggunaan media kartu kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Negeri Beru Maumere. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Negeri Beru Maumere tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 4 orang murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Negeri Beru Maumere dengan penggunaan media kartu kata pada siklus I belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran bahasa Indonesia. Kemudian kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Negeri Beru Maumere setelah menggunakan media kartu kata dalam pembelajatan membaca pada siklus II mengalami peningkatan dan sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Negeri Beru Maumere dengan penggunaan media kartu kata dari siklus I hingga siklus II, maka dinyatakan bahwa dengan penggunaan media kartu kata dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia aspek membaca dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Jan 2022 01:38 |
Last Modified: | 12 Jan 2022 01:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21704 |
Actions (login required)
View Item |