Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Blended learning untuk Menumbuhkan Kemampuan Menganalisis Grafik

Diana, Nur (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Blended learning untuk Menumbuhkan Kemampuan Menganalisis Grafik. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan hasil pengembangan bahan ajar fisika berbasis Blended Learning grafik yang valid, menganalisis respon guru terhadap pengembangan bahan ajar berbasis Blended Learning dan untuk menganalisis efektivitas bahan ajar berbasis blended learning untuk menumbuhkan kemampuan menganalisis grafik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini diuji coba di SMA Negeri 2 Selayar pada kelas XI IPA 3 dengan jumlah responden 33 peserta didik. Produk yang dihasilkan adalah bahan ajar berbasis blended learning. Bahan ajar divalidasi sehingga siap digunakan oleh guru dan peserta didik untuk menumbuhkan kemampuan menganalisis grafik pada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis blended learning dinyatakan valid. Bahan ajar dinyatakan praktis, berdasarkan hasil respon guru dan peserta didik yang berada pada kategori sangat baik atau respon yang diberikan positif. Pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis blended learning dikatakan efektif dan dapat menumbuhkan keterampilan menganalisis grafik. Hal ini ditunjukkan pada indikator Identifikasi grafik dari data berada pada persentase 92,12%, pada indikator menentukan nama variabel pada koordinat persentase sebesar 78,93%, pada indikator menentukan niilai darii data grafik sebesar 68,03%, pada indikator menentukan nilai data range variabel sebesar 80,30%, dan menentukan hubungan antar variabel 92,27 %. Dengan persentase rata- rata 82,33% yang berada pada kategori tinggi yang berarti mampu untuk menumbuhkan kemampuan menganalisis grafik peserta didik. Kata kunci: Bahan ajar, Blended Learning, Grafik, Efektivitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:06
Last Modified: 20 Sep 2021 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21115

Actions (login required)

View Item View Item