PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 3 MAKASSAR

ALAWIAH, TUTI (2021) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 3 MAKASSAR. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-TUTI ALAWIAH-1692041006-PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (344kB)

Abstract

The Effect of Parents Attention and Learning Interest to Student’s Learning Motivation on Class XI Accounting Skills Program at SMK Muhammadiyah 3 Makassar TUTI ALAWIAH Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar E-mail : tutialawiah07@gmail.com SUMMARY This research aimed: (1) to knowing the effect of parents attention and learning interest to student’s learning motivation on class XI Accounting Skills Program SMK Muhammadiyah 3 Makassar, (2) to knowing the effect of parents attention and learning interest partially to student’s learning motivation on class XI Accounting Skills Program SMK Muhammadiyah 3 Makassar, (3) to knowing independent variable that dominant effect to student’s learning motivation on class XI Accounting Skills Program SMK Muhammadiyah 3 Makassar. This research variables are parents attention as first independent variable (X1), learning interest as second independent variable (X2), and student’s learning motivation as dependent variable (Y). This population in this research were all of students of Class XI Accounting Skills Program SMK Muhammadiyah 3 Makassar consist of 34 students, while the sample that has been used is a saturated sample where the entire sample is taken from the population. The data collected by documentation and questionnaires. The data analyzed using instrument tests, classical assumption tests and hypothesis testing. Based on the results of data analysis carried out, then the multiple linear regression equation model is obtained Y=17,703 + 0,279X1 + 0,413X2 which means that parents attention and learning interest have a positive effect on learning motivation. From f test analysis, parents attention has a significant effect to student’s learning motivation with significant value 0,001 < 0,05. From the result of t test analysis, parents attention has a significant effect to student’s learning motivation with significant value 0,045 < 0,05 and learning interest has significant effect to student’s learning motivation with significant value 0,008 < 0,05. Meanwhile, the determination coefficient (R2) is 0,331 or 33,1%. That means the influence of parents attention and student’s learning interest to student’s learning motivation is 33,1%, while the remaining 66,9% is effect by other factors. The dominant learning interest has an effect on student’s learning motivation with a determination coefficient of 0.343 or 34,3%, thus the hypothesis is accepted. Keywords: Parents Attention, Learning Interest and Learning Motivation RINGKASAN Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar secara simultan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Makassar, (2) untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar secara parsial terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Makassar, dan (3) untuk mengetahui variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Variabel penelitian ini adalah perhatian orang tua sebagai variabel bebas pertama (X1), minat belajar sebagai variabel bebas kedua (X2) dan motivasi belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasi ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 3 Makassar sebanyak 34 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana sampel diambil seluruh dari populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunkan uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh model persamaan regresi linear berganda Y=17,703 + 0,279X1 + 0,413X2 yang berarti perhatian orang tua dan minat belajar berpengaruh positif terhadap motivasi belajar. Dari analisis uji F, perhatian orang tua dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05. Dari hasil analisis uji t, perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikan 0,045 < 0,05 dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikan 0,008 < 0,05. Sementara itu, koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,331 atau 33,1%. Hal ini berarti bahwa pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 33,1% dan sisanya 66,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Minat belajar dominan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien determinasi sebesar 0,343 atau 34,3%, dengan demikian hipotesis diterima. Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Minat Belajar dan Motivasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Sep 2021 06:48
Last Modified: 03 Sep 2021 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21019

Actions (login required)

View Item View Item