Analisis Sistem Antrian Pada Unit Layanan Paspor (ULP) Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar. (Analysis of Queue System On Passport Service Unit Class 1 Immigration Office of Makassar)

Abdy, Muhammad and Sanusi, Wahidah and Mukarram, Trys (2017) Analisis Sistem Antrian Pada Unit Layanan Paspor (ULP) Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar. (Analysis of Queue System On Passport Service Unit Class 1 Immigration Office of Makassar). SAINSMAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 6 (2). pp. 84-93. ISSN 2579-5686 (online); 2086-6755 (Cetak)

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi)
Analysis of Queue System On Passport Service Unit Class 1 Immigration Office of Makassar.pdf - Published Version

Download (889kB)
[img] Text (Hasil Peer Review)
Peer_Review_Analisis Sistem Antrian pada Unit Layanan Passport (ULP) Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (DAFTAR ISI dan TIM EDITOR)
DAFTAR ISI_TIM EDITOR (Analisis Sistem Antrian pada Unit Layanan Passport (ULP) Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar).pdf - Published Version

Download (933kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/jsainsmat/article/view/6469

Abstract

Mengantri merupakan hal yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan dapat ditemui pada sektor manufaktur maupun pada sektor jasa. Tak terkecuali pada instansi atau kantor pemerintahan. ULP (Unit Layanan Paspor) Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar merupakan unit pelaksana teknis yang menjalankan fungsi Direktorat Jenderal Imigrasi pada suatu daerah atau kota tertentu yang memberikan pelayanan dalam bidang keimigrasian. ULP (Unit Layanan Paspor) Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar juga tidak lepas dari permasalahan antrian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model antrian yang diterapkan pada ULP (Unit Layanan Paspor) Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar dan mengetahui apakah tingkat pelayanan yang diberikan telah optimal. Dalam proses analisisnya dipergunakan perhitungan secara manual dan bantuan software POM for Windows 3. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh setelah penelitian, struktur antrian yang diterapkan pada ULP (Unit Layanan Paspor) Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar adalah Multi Channel-Multi Phase. Yang terbagi kedalam 2 Phase. Model antrian yang diterapkan pada Phase 1 adalah(M/M/S) : (FCFS/∞/∞) dan (M/M/1) : (FCFS/∞/∞) pada Phase 2. Sistem antrian pada ULP (Unit Layanan Paspor) Kantor Imigrasi Kelas I Kota Makassar dapat dikatakan normal pada hari-hari biasa, karena telah memenuhi standar lama waktu pelayanan. Sehingga sistem yang diterapkan sudah optimal.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA > Matematika
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr. Muhammad Abdy
Date Deposited: 01 Jul 2021 22:14
Last Modified: 20 Jul 2021 15:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20647

Actions (login required)

View Item View Item