Pengaruh Pemberian Telur Semut Rangrang Terhadap Laju Pertumbuhan Dan Sintasan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Pada Fase Pendederan

Armawansah, Edi (2021) Pengaruh Pemberian Telur Semut Rangrang Terhadap Laju Pertumbuhan Dan Sintasan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Pada Fase Pendederan. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal EDI.pdf

Download (544kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi konsentrasi telur semut rangrang dalam pakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan sintasan ikan nila (Oreocromis niloticus). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Terdapat 4 perlakuan yaitu perlakuan A (15%), perlakuan B (20%), perlakuan C (25%) dan kontrol yang terdiri atas 3 ulangan. Variabel penelitian yang diamati meliputi pertumbuhan dan sintasan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis of varians(ANOVA) data yang menunjukkan berpengaruh nyataselanjutnya diolah dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan pemberian telur semut rangrang sebesar 25% memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap berat ikan selama penelitian. Sintasan ikan nila selama penelitian menunjukkan perlakuan yang terbaik pada perlakuan A (15%) dan perlauan C (25%) 100%. Kata Kunci : Ikan Nila, Telur Semut Rangrang, Pertumbuhan, Sintasan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknologi Pertanian
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:20
Last Modified: 18 Mar 2021 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19552

Actions (login required)

View Item View Item