PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 BARAKA

Naima., Naima. (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 BARAKA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (201kB)

Abstract

ABSTRAK Naima, 2021. Pengaruh Model Discovery Learning dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Baraka. Program Studi Pendidikan Fisika, Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Arsyad dan Pariabti Palloan) Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan secara keseluruhan perbedaan keterampilan berpikir kritis IPA Fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model Discovery Learning dengan peserta didik yang diajar menggunakan model konvensioanal diKelas VIII SMP Negeri 4 Baraka, (2) menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis IPA Fisika peserta didik dengan motivasi belajar tinggi yang diajar menggunakan model Discovery Learning dengan peserta didik yang diajar menggunakan model konvensioanal diKelas VIII SMP Negeri 4 Baraka, (3) menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis IPA Fisika peserta didik dengan motivasi belajar rendah yang diajar menggunakan model Discovery Learning dengan peserta didik yang diajar menggunakan model konvensioanal diKelas VIII SMP Negeri 4 Baraka, (4) menganalis interaksi antara model Discovery Learning dan Motivasi Belajar IPA Fisika terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didikKelas VIII SMP Negeri 4 Baraka. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan rancangan factorial 2 x 2. Penelitian ini melibatkan dua kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu lagi sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan treatmen yaitu menerapkan model discovery learning, sedangkan pada kelas kontrol tetap diajar dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Baraka yang terdiri dari 2 kelas dengan junlah peserta didik secara keseluruhan adalah 32 orang, dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara keseluruhan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis fisika peserta didik yang diajar menggunakan model discovery learning dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) bagi peserta didik dengan motivasi belajar tinggi, terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis fisika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) bagi peserta didik dengan motivasi belajar rendah, terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis fisika peserta didik yang diajar menggunakan model discovery learning dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional,(4) tidak terdapat interaksi antara model discovery learning dan motivasi belajar terhadap keterampilan berpikir kritis IPA fisika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Baraka tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci: pembelajaran discovery learning, pembelajaran konvensional, motivasi tinggi, dan keterampilan berpikir kritis ipa fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Mar 2021 05:18
Last Modified: 18 Mar 2021 05:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19502

Actions (login required)

View Item View Item