PENGARUH METODE BLENDED LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 PANGKAJENE SIDRAP

ALMI, ROSMIATI (2021) PENGARUH METODE BLENDED LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 PANGKAJENE SIDRAP. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL ROSMIATI ALMI.pdf

Download (484kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini yaitu Quasi experiment dengan men ggu na ka n thr eatm ent by l evel design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu satu kelas eksperimen yang diajar dengan metode Blended Learning dan satu kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Populasi dalam penulisan ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Pangkajene Sidrap terdiri atas empat kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 100 orang, sedangkan sampelnya yaitu kelas IX A sebagai kelas kontrol terdiri dari 22 peserta didik dan IX D sebagai kelas eksperimen terdiri dari 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA Fisika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode Blended Learning dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA Fisika antara peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi yang diajar menggunakan metode Blended Learning dan diajar dengan metode pembelajaran konvensional , (3)Terdapat perbedaan hasil belajar IPA fisika antara peserta didik yang memiliki minat belajar rendah yang menggunakan metode Blended Learning dan diajar dengan metode pembelajaran konvensional. (4) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode Blended Learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA Fisika peserta didik Kata kunci : Metode Blended Learning, Minat Belajar, dan Hasil Belajar IPA Fisika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Mar 2021 06:44
Last Modified: 10 Mar 2021 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19375

Actions (login required)

View Item View Item