PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 SIDRAP

Armayana, Sri (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 SIDRAP. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
artikel SRI ARMAYANA-dikonversi.pdf

Download (289kB)

Abstract

Prodi Pendidikan Matematika, PPs, Universitas Negeri Makassar E-mail: sriarmayana65@gmail.com / 085299306197 Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh kecerdasan emosional, minat belajar, dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif; (2) pengaruh kecerdasan emosional, minat belajar, dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika aspek keterampilan; (3) pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif; (4) pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika aspek keterampilan; (5) pengaruh positif minat belajar terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif; (6) pengaruh positif minat belajar terhadap hasil belajar matematika aspek keterampilan; (7) pengaruh positif fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif; (8) pengaruh positif fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika aspek keterampilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif, dengan variabel penelitian adalah kecerdasan emosional, minat belajar, dan fasilitas belajar sebagai variabel bebas, sedangkan hasil belajar matematika sebagai variabel tak bebas (terikat). Hasil belajar matematika dibagi menjadi dua asepek, yaitu aspek kognitif dan aspek keterampilan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan IPA SMAN 1 Sidrap tahun ajaran 2019/2020, terdiri atas 5 kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 153 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan terambil kelas X IPA1, X IPA2, dan X IPA4. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa kecerdasan emosional, minat belajar, fasilitas belajar, dan hasil belajar matematika baik aspek kognitif maupun aspek keterampilan berada dalam kategori tinggi. Analisis inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh kecerdasan emosional, minat belajar, dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif; ada pengaruh kecerdasan emosional, minat belajar, dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika aspek keterampilan; ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif; ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika aspek keterampilan; ada pengaruh positif minat belajar terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif; ada pengaruh positif minat belajar terhadap hasil belajar matematika aspek keterampilan; ada pengaruh positif fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika aspek kognitif; ada pengaruh positif fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika aspek keterampilan. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Mar 2021 05:10
Last Modified: 09 Mar 2021 05:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19337

Actions (login required)

View Item View Item