EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG

Rosnawati, Rosnawati (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
artikel-Rosnawati.docx

Download (411kB)

Abstract

Abstrak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan desain One-Group Pretest Posttest Design yang betujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan model pembelajaran Flipped Classroom pada materi Pola Bilangan di kelas VIII SMP Negeri 5 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Unit Penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Liliriaja Soppeng yang berjumlah 23 orang. Data yang dikumpulkan terdiri atas data keterlaksanaan pembelajaran, data hasil belajar matematika, data aktivitas peserta didik, dan data respons peserta didik. Berdasarkan hasil analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial diperoleh (1) Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom sebagian besar aspek terlaksana dengan persentase keterlakasanaan sebesar 72,5 , (2) hasil belajar matematika peserta didik setelah penerapan model Flipped Classroom: skor rata - rata hasil belajar matematika lebih dari KKM yaitu 76,3 dengan simpangan baku 11,5, peningkatan hasil belajar matematika gain ternormalisasi lebih dari 0,3 atau berada pada kategori sedang dengan skor rata – rata 0,56 dan simpangan baku 0,15, dan tingkat ketuntasan hasil matematika secara klasikal lebih dari 80, (3) aktivitas peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Flipped Classroom berada pada kategori aktif, dan (4) respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Flipped Classroom lebih dari 2,50 berada pada kategori positif dengan skor rata – rata 3,37 dan simpangan baku 0,31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom efektif diterapkan pada materi Pola Bilangan di kelas VIII SMP Negeri 5 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Kata Kunci: Efektivitas, Flipped Classroom, Hasil Belajar, Pola Bilangan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 09 Mar 2021 05:04
Last Modified: 09 Mar 2021 05:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19335

Actions (login required)

View Item View Item