EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 8 WAJO DI KABUPATEN WAJO

Lacong, Askar (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA NEGERI 8 WAJO DI KABUPATEN WAJO. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL_ASKAR LACONG.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Budaya Lokal Pada Pembelajaran Matematika Kelas X SMA Negeri 8 Wajo Di Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest Posttest Design. Basis dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ini adalah budaya suku bugis yaitu pembiasaan mengucapkan kata “tabe” dan “iye” sesuai dengan penggunaannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Wajo di Kabupaten Wajo dan sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data keterlaksanaan pembelajaran, data hasil belajar matematika, data aktivitas siswa, dan data respons siswa. Data yang dianalisis dengan cara analisis deskriptif adalah data keterlaksanaan pembelajaran, data hasil belajar matematika siswa, data aktivitas siswa, dan data respons siswa. Sedangakan data yang dianalisis denga cara analisis inferensial adalah data hasil belajar matematika dan data respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif : (1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis budaya lokal terlaksana dengan baik. (2) hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis budaya lokal; skor rata-rata hasil belajar matematika siswa lebih dari KKM yaitu 85,88, peningatan hasil belajar matematika (nilai gain) siswa signifikan dan berada pada kategori tinggi, dan tingkat pencapaian hasil belajar matematika secara klasikal mencapai 88%, (3) aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis budaya lokal berada pada kategori aktif, (4) respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis budaya lokal adalah positif. Hasil analisis inferensial penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis budaya lokal; skor rata-rata hasil belajar matematika lebih dari 75, peningatan hasil belajar matematika (gain ternormalisasi) lebih dari 0,30 dan ketuntasan hasil belajar matematika siswa lebih dari 80%, (2) respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis budaya lokal lebih dari 2,50. Berdasarkan kriteria keefektifan, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis budaya lokal efektif diterapkan pada pembelajaran matematika kelas X SMA Negeri 8 Wajo Kabupaten Wajo. Kata Kunci : Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Berbasis Budaya Lokal

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:14
Last Modified: 01 Feb 2021 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18954

Actions (login required)

View Item View Item