Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik

Waleulu, Amalia and Muharram, Muharram and sugiarti, sugiarti (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER). pp. 8-16. ISSN 2597-9361

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional Terindeks Copernicus)
Artikel Jurnal Terindeks Copernicus - Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing .pdf - Published Version

Download (489kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Terindeks Copernicus)
Peer Review Artikel Jurnal Terindeks Copernicus - Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing .pdf - Published Version

Download (998kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/CER/article/view/8671

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia peserta didik materi pokok ikatan kimia. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan dua perlakuan. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan untuk pengujian hipotesis dilakukan menggunakan one way ANOVA pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis deskripsi diperoleh rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kelas eksperimen adalah 79,85 dan kelas kontrol adalah 57,89 dengan standar deviasi masing-masing 11,77 dan 12,29. Presentase rata-rata nilai indikator kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 83,91 berada dalam kategori tinggi dan presentase nilai indikator kelas kontrol sebesar 49,63 berada dalam kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikan, α = 0,05 diperoleh nilai thitung 4,48 > ttabel 2,02 dan signifikansi (0,001<0,05), menunjukkan hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kelas X MIA SMA Muhammadiyah Luhu pada materi pokok ikatan kimia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Kemampuan Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Ikatan Kimia
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 26 Jan 2021 09:48
Last Modified: 26 Jan 2021 09:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18911

Actions (login required)

View Item View Item