Halik, Abdul (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi Siswa Kelas VI SD Negeri Mappala Melalui Media Gambar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 3 (2). pp. 112-116. ISSN 2088-2092
|
Text
jurnal publikasi vol. 3 no. 2, juni 2013.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
peer reviewer publikasi pendidikan vol.3 no.2, juni 2013.pdf Download (943kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa kemampuan membaca pemahaman cerita fiksi siswa kelas VI SDN Mappala rendah. Berdasarkan kenyataan tersebut, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan penggunaan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah meningkakan kemampuan membaca pemahaman cerita fiksi siswa kelas VI SDN Mappala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Mappala. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman cerita fiksi, dilihat dari 4 aspek yakni aspek literal, aspek inferensial, aspek evaluatif, dan. aspek apresiatif Kemampuan siswa dalam memerankan dialog juga mengalami peningkatan dari tiap siklus. Kata kunci: membaca pemahaman cerita fiksi dan media gambar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 07 Mar 2020 16:45 |
Last Modified: | 07 Mar 2020 16:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17403 |
Actions (login required)
View Item |