Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi Siswa Kelas VI SD Negeri Mappala Melalui Media Gambar

Halik, Abdul (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi Siswa Kelas VI SD Negeri Mappala Melalui Media Gambar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 3 (2). pp. 112-116. ISSN 2088-2092

[img]
Preview
Text
jurnal publikasi vol. 3 no. 2, juni 2013.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
peer reviewer publikasi pendidikan vol.3 no.2, juni 2013.pdf

Download (943kB) | Preview

Abstract

Abstrak Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa kemampuan membaca pemahaman cerita fiksi siswa kelas VI SDN Mappala rendah. Berdasarkan kenyataan tersebut, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan penggunaan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah meningkakan kemampuan membaca pemahaman cerita fiksi siswa kelas VI SDN Mappala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Mappala. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman cerita fiksi, dilihat dari 4 aspek yakni aspek literal, aspek inferensial, aspek evaluatif, dan. aspek apresiatif Kemampuan siswa dalam memerankan dialog juga mengalami peningkatan dari tiap siklus. Kata kunci: membaca pemahaman cerita fiksi dan media gambar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 07 Mar 2020 16:45
Last Modified: 07 Mar 2020 16:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17403

Actions (login required)

View Item View Item