Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) dan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa.

Magfirah, Dian Rahmah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) dan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
A. SKRIPSI BAB I.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Dian Rahmah Magfirah. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) dan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Komisi Pembimbing I Dr. Ilham Minggi, M.Si dan Pembimbing II Dr. H. Djadir, M.Pd. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran cooperative dengan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar. (2) Ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemandirian belajar matematika yang rendah yang diajar dengan model pembelajran cooperative tipe Group Investigation (GI) dan yang diajar dengan Student Team Achievement Division (STAD). (3) Ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemandirian belajar matematika yang tinggi yang diajar dengan model pembelajran cooperative tipe Group Investigation (GI) dan yang diajardengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Populasi peneliti adalah siswa kelas VII SMPN 33 Makassar pada semester genap 2018/2019. Sampel penelitian ini diperoleh dengan Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Smart 1 sebagai kelompok perlakuan I yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan siswa kelas VII Smart 2 sebagai kelompok perlakuan II yang diajardengan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Analisis data menggunakan analisis variansi (Anava) 2x2 faktorial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemandirian belajar kategori tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelompok perlakuan I dan siswa kelompok perlakuan II yaitu hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan I lebih tinggi hasil belajar matematika siswa dari pada kelompok perlakuan II. Adapun bagi siswa dengan kemandirian belajar kategori rendah juga terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan I dan siswa kelompok perlakuan II, yaitu hasil belajar matematika siswa kelompok perlakuan I lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa kelompok perlakuan II. Ditinjau dari kemandrian belajar matematika siswa, hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan I lebih baik dari hasil belajar matematika siswa pada kelompok perlakuan II. Kata Kunci :GI, STAD, Kemandrian, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:55
Last Modified: 24 Feb 2020 03:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17244

Actions (login required)

View Item View Item