ANALISIS KEMAMPUAN BERINKUIRI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BANTAENG

Kurniawan, Indra Prasetya and Amin, Bunga Dara and Arsyad, Muhammad (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERINKUIRI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 BANTAENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
4. JURNAL INDRA PRASETYA KURNIAWAN.pdf

Download (477kB) | Preview

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan berinkuiri peserta didik di SMA Negeri 1 Bantaeng. Jenis penelitian ini tergolong penelitian ex post facto dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Adapun sumber datanya diperoleh dari hasil tes kemampuan berinkuiri 62 peserta didik. Tes terdiri dari 5 soal/fenomena yang masing-masing mengukur 6 aspek kemampuan berinkuri. Yaitu, kemampuan merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang percobaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik di SMA Negeri 1 Bantaeng telah memiliki kemampuan berinkuiri. Peserta didik telah mampu merumuskan masalah dengan menggunakan kalimat tanya yang tepat dan dengan memperhatikan hubungan antara variabel berdasarkan fenomena yang disajikan. Pada aspek kemampuan merumuskan hipotesis, peserta didik telah mampu memperlihatkan hubungan antar variabel dengan benar, dengan menggunakan kalimat sederhana yang jelas dan spesifik. Pada aspek merancang penelitian Peserta didik belum mampu menentukan alat dan bahan yang tepat yang dapat digunakan untuk mengarahkan pada proses penelitian yang diharapkan pada setiap fenomena yang disajikan. Pada aspek kemampuan melakukan penelitian, peserta didik belum mampu menyusun langkah-langkah kegiatan yang dapat mengarahkan pada penemuan hasil penelitian yang diharapkan. Pada aspek kemampuan mengolah data, peserta didik cenderung tidak mampu mengisi seluruh tabel pengamatan dengan lengkap dan benar dan masih kurang mampu menyesuaikan besaran dengan satuan yang tepat, terutama jika ada pengonversian satuan. Selain itu, peserta didik cenderung tidak mampu menggambarkan grafik yang benar karena kesalahan dalam mengisi tabel dan kurang mampu menempatkan variabel dengan tepat pada sumbu x dan sumbu y grafik. Rumusan hasil penelitian cenderung mengacu kepada rumusan hipotesis yang disusun. Sehingga peserta didik yang mampu menyusun hipotesis dengan benar juga mampu merumuskan hasil penlitian dengan benar. Kata Kunci: kemampuan inkuiri, peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Feb 2020 06:34
Last Modified: 18 Feb 2020 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17132

Actions (login required)

View Item View Item