Pengembangan Media Permainan Card Brain Scramble Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Gaya Kognitif Reflektif dan Hasil Belajar

Priyatmo, Yudhi and Danial, Muhammad and Herawati, Netti (2020) Pengembangan Media Permainan Card Brain Scramble Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Gaya Kognitif Reflektif dan Hasil Belajar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan media permainan CBS (Card Brain Scramble) pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan gaya kognitif reflektif dan hasil belajar yang valid, praktis dan efektif digunakan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan Hannafin dan Peck, yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, tahap pembuatan desain, tahap pengembangan dan implementasi. Media pembelajaran yang dikembangkan adalah media permainan CBS kemudian divalidasi oleh dua orang ahli. Setelah validasi, lalu dilakukan uji coba terhadap media yang dilakukan di MAN 3 Makassar pada kelas X MIPA dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan CBS yang dikembangkan telah dilakukan validasi menunjukkan rata-rata 3,65 dengan kriteria sangat valid. Media permainan CBS dikatakan praktis dan efektif, karena pada uji kepraktisan berdasarkan respon peserta didik terhadap penggunaan media permainan CBS diperoleh persentase sebesar 82,84 % dengan rata-rata penilaian 3,31 yang berada pada taraf tinggi. Media permainan CBS ini juga memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) peningkatan gaya kognitif reflektif peserta didik dari 70,88 % menjadi 80,27 %%, (2) hasil belajar peserta didik memenuhi kriteria efektif dimana diperoleh dari nilai rata-rata 61 % menjadi 80,16 %, sedangkan peningkatan hasil belajar berdasarkan uji N-gain sebesar 0,49 dengan kriteria sedang. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media permainan CBS yang dikembangkan termasuk valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Media CBS, Gaya Kognitif Reflektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:46
Last Modified: 12 Feb 2020 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16963

Actions (login required)

View Item View Item