Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Seni Budaya berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Woja Kabupaten Dompu. Nusa Tenggara Barat

SUHAEMIN, SUHAEMIN (2017) Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Seni Budaya berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Woja Kabupaten Dompu. Nusa Tenggara Barat. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (975kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK “SUHAEMIN, 2017. “Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Seni Budaya berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Woja Kabupaten Dompu. Nusa Tenggara Barat’’ Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar Penelitian ini dilakukan dengan alasan ingin mengetahui sejauh mana kesulitan guru dalam pembelajaran seni budaya berdasarkan kurikulum di di SMA Negeri 1 Woja Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat. Setelah mendapatkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi solusi untuk kesulitan guru dalam pembelajaran seni budaya berdasarkan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologik, kaitannya dengan penelitian ini, pendekatan fenomenologik digunakan untuk mengungkapkan fakta-fakta, gejala maupun peristiwa secara objektif yang berkaitan dengan kesulitan para guru dalam pembelajaran Pendidikan Seni Budaya dan Budi Pekerti berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Woja Kabupaten Dompu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan (1) Bahwa Pemahaman guru pendidikan Seni Budaya di SMA Negeri 1 Woja kurang begitu memahami kurikulum 2013 secara utuh. Hal tersebut dikarenakan banyak guru yang belum memperoleh pelatihan atau workshop kurikulum 2013. (2) Ada beberapa faktor dalam penerapan kurikulum 2013 yang menjadi penghambat dalam melaksanakan proses belajar mengajar, yang pertama guru kesulitan dalam menyusun RPP, kedua kesulitan dalam menilai, yang ketiga buku sebagai sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar sehingga guru tidak mampu melaksanakan secara utuh sesuai aturan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Woja Kabupaten Dompu Kata kunci: Kesulitan Guru dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Feb 2020 05:30
Last Modified: 06 Feb 2020 05:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16842

Actions (login required)

View Item View Item