Pengembangan Perangkat Penilaian Keterampilan Praktikum IPA pada SMP Negeri 1 Buntu Pepasan Kabupaten Toraja Utara

PATULAK, DAUD (2014) Pengembangan Perangkat Penilaian Keterampilan Praktikum IPA pada SMP Negeri 1 Buntu Pepasan Kabupaten Toraja Utara. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
DAUD PATULAK.docx

Download (16kB)

ABSTRAK DAUD PATULAK. 2014. Pengembangan Perangkat Penilaian Keterampilan Praktikum IPA pada SMP Negeri 1 Buntu Pepasan Kabupaten Toraja Utara. (Dibimbing oleh Ruslan dan Kaharuddin). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Pengembangan Perangkat Penilaian Keterampilan Praktikum IPA pada SMP Negeri 1 Buntu Pepasan yang valid dan reliabel, ditinjau dari validitas isi, validitas empirik, dan reliabilitas. Hasil penilaian pakar/ahli menunjukkan perangkat yang dinilai layak diujicobakan dengan kriteria sangat baik. Uji coba dilakukan pada 30 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik kelas VIII_A ,10 peserta didik kelas VIII_B dan 5 peserta didik kelas VIIIc SMP Negeri 1 Buntu Pepasan Kabupaten Toraja Utara. Subjek uji coba dipilih dengan menggunakan teknik random sampling dengan asumsi bahwa peserta didik pada kelas tersebut mempunyai kemampuan yang heterogen. Analisis kualitatif menggunakan validasi pakar/ahli dan analisis kuantitatif menggunakan korelasi product moment. Pada analisis validasi pakar menunjukkan bahwa koefisen validitas isi yang diperoleh sebesar 0,95 atau 95%, sedangkan analisis kuantitatif dengan menggunakan korelasi product moment memiliki koefisien korelasi (r) lebih dari 0,34 dan koefisien reliabilitas (∝)=0,874. Disimpulkan bahwa perangkat penilaian keterampilan praktikum yang dihasilkan dapat dipakai oleh pengguna, dan telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Perangkat penilaian keterampilan praktikum IPA dan rubrik penskorannya yang telah dihasilkan terbatas hanya pada unit pengamatan mikroskop dan keselamatan kerja di tingkat SMP, sehingga disarankan kepada pengguna untuk mengembangkan perangkat yang relevan pada unit praktikum yang lain dengan mengikuti perkembangan kurikulum yang berlaku. ABSTRACT DAUD PATULAK. 2014. Developing Practical Skills Assessment Tools IPA at SMP Negeri 1 Buntu Pepasan North Toraja Regency (Guided by Ruslan and Kaharuddin). This study aims to gain an overview of Practical Software Development Skills Assessment IPA at SMP Negeri 1 andes Pepasan are valid and reliable, in terms of content validity, empirical validity, and reliability. The results of expert assessment / expert suggests that the criteria considered worthy tested very well. Tests performed on 30 students consisting of 15 learners VIII_A class, grade 10 learners and 5 VIII_B VIIIc grade students of SMP Negeri 1 andes Pepasan North Toraja Regency. Test subjects were selected using random sampling techniques with the assumption that students in the class have heterogeneous capabilities. Qualitative analysis using the validation specialists / experts and quantitative analysis using product moment correlation. In the validation analysis showed that the expert content validity coefficient obtained for 0.95 or 95%, while the quantitative analysis using the Pearson product moment correlation coefficient (r) of more than 0.34 and reliability coefficient (α) = 0.874. It was concluded that the practical skills assessment produced can be used by users, and has met the criteria of validity and reliability.Science lab skills assessment tools and rubrics that have been generated penskorannya limited to observation units microscope and safety in junior high, so it is advisable for users to develop relevant device on another lab unit by following the applicable curriculum development.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:46
Last Modified: 07 Dec 2016 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item View Item