Raehana, Sitti (2013) Pengaruh regulasi diri, motivasi berprestasi, iklim keluarga, dan efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri di Kota Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
Sitti Raehana.docx Download (12kB) |
Abstract
ABSTRAK Sitti Raehana, 2013. Pengaruh regulasi diri, motivasi berprestasi, iklim keluarga, dan efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri di Kota Makassar (dibimbing oleh H. Muh. Arif Tiro dan Suwardi Annas) Prestasi belajar matematika menjadi salah satu tolak ukur tinggi rendahnya kualitas suatu proses pembelajaran. Terdapat dua faktor yang menyebabkan hal tersebut yakni faktor internal maupun faktor eksternal diantaranya keyakinan diri, pengaturan diri, motivasi berprestasi dan iklim keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menjelaskan seberapa besar pengaruh regulasi diri, motivasi berprestasi, dan iklim keluarga terhadap prestasi belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri di Kota Makassar tahun pelajaran 2012/2013 yang diambil dengan menggunakan equal size stratified random sampling. Instrumen yang digunakan Angket : skala regulasi diri, motivasi berprestasi, iklim keluarga, dan efikasi diri dan nilai ujian semester siswa semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sebagian besar siswa kelas X SMA Negeri di Kota Makassar memiliki: regulasi diri, motivasi berprestasi, iklim keluarga, efikasi diri, dan prestasi belajar matematika dengan kategori tinggi. (2) regulasi diri yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri dan regulasi diri pula berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung melalui motivasi berprestasi dan efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. (3) motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung melalui efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa dan motivasi berprestasi secara tidak langsung melalui efikasi diri dan regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. (4) Iklim keluarga berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung melalui regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. ABSTRACT Sitti Raehana, 2013. The Influence of Self-Regulation, Achievement Motivation, Family Atmosphere, and Self-Efficacy toward Mathematic Learning Achievement of Grade X Students at SMAN in Makassar (supervised by H. Muh. Arif Tiro and Suwardi Annas). Mathematics achievement to be one measure of the level of quality of a learning process. There are two factors that lead to this namely internal factors and external factors such as self-confidence, self-regulation, achievement motivation and family climate. This study aims to examine and explain how much influence self-regulation, achievement motivation, and family climate on students' mathematics achievement both directly and indirectly through self-efficacy. The study was ex-post facto nature of causality. Subjects in this study were students of grade X SMA Makassar in the school year 2012/2013 were taken using stratified random sampling equal size. Questionnaire instruments were used: self-regulation scale, achievement motivation, family climate, and self-efficacy and value of student semester exams odd semester of academic year 2012/2013. Data were analyzed with descriptive statistics and path analysis (path analysis). The results showed that: (1) the majority of students in class X SMA Negeri Makassar have: self-regulation, achievement motivation, family climate, self-efficacy, and mathematics achievement in the high category. (2) self-regulation and a significant positive effect on students 'mathematics achievement both directly and indirectly through self-efficacy and self-regulation is also positive and significant effect indirectly through achievement motivation and self-efficacy on students' mathematics achievement. (3) achievement motivation positive and significant effect indirectly through self-efficacy on students 'mathematics achievement and achievement motivation indirectly through self-efficacy and self-regulation on students' mathematics achievement. (4) Climate families and significant positive effect indirectly through self-regulation on students' mathematics achievement.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 02:04 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 02:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1641 |
Actions (login required)
View Item |