Manggau, Arifin and sayidiman, sayidiman (2019) Royong Sebagai Bentuk Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9 (2). pp. 123-133. ISSN 2088-9704, 2549-4147
|
Text
jip malang.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
Peer reviewer Royong Sebagai Bentuk Penanaman Nilai Pendidikan.pdf Download (865kB) | Preview |
|
|
Text
Royong Sebagai Bentuk Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai pendidikan melalui nyaian royong di Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian interdisiplin yaitu dengan menggunakan lebih dari satu disiplin ilmu menjadi satu. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan indepth interview serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa royong memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai pengantar tidur, penanaman nilai pendidikan dan mendatangkan rezeki. Royong digunakan dalam beberapa adat atau kebiasaan masyarakat Makassar seperti : perkawinan, aqiqah, penolak bala, serta sebagai media pola asuh penanaman nilai-nilai pendidikan pada anak (penanaman budi pekerti etika yang baik). Lagu pengantar tidur (Royong), merupakan pola asuh seorang ibu/ nenek kepada anak/ cucunya karena isi/ lirik lagunya mengandung ajaran moral, nasehat atau doa-doa untuk anaknya yang dijadikan salah satu cara membuat anak selalu ingat akan petuah/ ajaran yang diucapkan ibu/ neneknya. Kata kunci:Royong, Nilai Pendidikan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 10:00 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 08:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16402 |
Actions (login required)
View Item |