Royong Sebagai Bentuk Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan

Manggau, Arifin and sayidiman, sayidiman (2019) Royong Sebagai Bentuk Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9 (2). pp. 123-133. ISSN 2088-9704, 2549-4147

[img]
Preview
Text
jip malang.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peer reviewer Royong Sebagai Bentuk Penanaman Nilai Pendidikan.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Royong Sebagai Bentuk Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://dx.doi.org/10.21831

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai pendidikan melalui nyaian royong di Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian interdisiplin yaitu dengan menggunakan lebih dari satu disiplin ilmu menjadi satu. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan indepth interview serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa royong memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai pengantar tidur, penanaman nilai pendidikan dan mendatangkan rezeki. Royong digunakan dalam beberapa adat atau kebiasaan masyarakat Makassar seperti : perkawinan, aqiqah, penolak bala, serta sebagai media pola asuh penanaman nilai-nilai pendidikan pada anak (penanaman budi pekerti etika yang baik). Lagu pengantar tidur (Royong), merupakan pola asuh seorang ibu/ nenek kepada anak/ cucunya karena isi/ lirik lagunya mengandung ajaran moral, nasehat atau doa-doa untuk anaknya yang dijadikan salah satu cara membuat anak selalu ingat akan petuah/ ajaran yang diucapkan ibu/ neneknya. Kata kunci:Royong, Nilai Pendidikan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 07 Jan 2020 10:00
Last Modified: 13 Jan 2020 08:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16402

Actions (login required)

View Item View Item