PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

AZ-ZAHRA, WIDTARTI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Diploma thesis, UNIVERSIOTAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Widyarti, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhiddin dan Andi Faridah Arsal ) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik di sekolah menengah atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah kelas X Phytagoras sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem-Based Learning dan kelas X Isaac Newton sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis dengan dua tipe soal yaitu pilihan ganda dan uraian. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah adalah 75,89. Sebesar 40,74% berada dalam kategori kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat baik, 40,74% berada dalam kategori baik dan 18,51% dalam kategori keterampilan berpikir tingkat tinggi cukup. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem-based Learning berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik di SMAN 11 Pangkep pada pembelajaran biologi. Kata kunci : keterampilan berpikir tingkat tinggi, problem-based learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Dec 2019 05:20
Last Modified: 30 Dec 2019 05:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16346

Actions (login required)

View Item View Item