Keefektifan Pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan tipe make a match Dalam pembelajaran matematika materi teorema pythagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pangsid Kab. Sidrap

Muhammad, Basri (2015) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan tipe make a match Dalam pembelajaran matematika materi teorema pythagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pangsid Kab. Sidrap. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Basri Muhammad.docx

Download (11kB)

ABSTRAK Basri Muhammad. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan tipe make a match Dalam pembelajaran matematika materi teorema pythagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pangsid Kab. Sidrap (dibimbing oleh H. Djadir dan Awi Dassa ). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match materi teorema pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Pangsid.. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 08 september sampai dengan tanggal 04 Nopember 2014 di SMP Negeri 6 Pangsid. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015, yang terdiri dari 6 ( tiga ) kelas. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan cluster random sampling. Data tentang aktivitas siswa, diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan untuk mengetahui hasil belajar materi teorema pythagoras siswa digunakan tes hasil belajar. Sedangkan data respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh dengan menggunakan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, serta respon siswa dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji- t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mencapai ketuntasan belajar 92,86, siswa memperoleh nilai minimal 74,Nilai rata- rata 83,14 dan (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match mencapai ketuntasan 92,23% siswa memperoleh nilai minimal 74,dan Nilai rata- rata 81,21. (3) Aktivitas siswa baik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT maupun Make a Match selama masing-masing 4 kali pertemuan sudah dalam katagori aktif sehingga dinyatakan efektif untuk diterapkan, (4) respon siswa terhadap pembelajaran menunjukan respon yang positif. Demikian juga hasil analisis statistika inferensial maupun Deskriptif menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara skor hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan skor hasil belajar siswa yang diajar dengan tipe Make a Match materi teorema pythagoras, sehingga dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe Make a Match tidak ada perbedaan secara signifikan, dan dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, utamanya untuk materi teorema pythagoras pada siswa Kelas VIII SMP dan sederajat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 06:51
Last Modified: 06 Dec 2016 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item