Keefektifan Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Kontekstual di SMP Negeri 2 Pangsid Kabupaten Sidrap

SUKIRAN, AGUS SUPLIHAT (2014) Keefektifan Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Kontekstual di SMP Negeri 2 Pangsid Kabupaten Sidrap. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
AGUS SUPLIHAT SUKIRAN.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK AGUS SUPLIHAT SUKIRAN, Keefektifan Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Kontekstual di SMP Negeri 2 Pangsid Kabupaten Sidrap ( Dibimbing Oleh Awi Dassa sebagai ketua serta Muhammad Darwis M. sebagai Anggota ) Salah satu variabel terpenting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah bidang pendidikan, masih rendahnya hasil belajar matematika yang dicapai oleh siswa khususnya di SMP Negeri 2 Pangsid karena kurangnya efektifitas belajar , untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui keefetifan hasil belajar matematika siswa kelas VIIb SMP Negeri 2 Pangsid Sidrap yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual (ii) Untuk mengetahui keaktifan hasil belajar matematika siswa kelas VIIb SMP Negeri 2 Pangsid Sidrap yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual. Metode Penelitian ini terdiri dari (i) Variabel dan desain penelitian ,dimana variabelnya terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat, (ii) Definisi operasional variabel (iii) Populasi dan Sampel , populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pangsid yang berjumlah 148 siswa , sampelnya adalah kelas VIIb yang berjumlah 25 siswa, (iv) Prosedur pelaksanaan penelitian terdiri dari tahap persiapan yaitu merancang RPP, tahap pelaksanaan yaitu melaksanakan proses pembelajaran (v) Instrumen penelitian, terdiri dari Rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran ,pre tes dan post tes , instrumen tersebut sebelum digunakan harus di validasi oleh dosen ahli sebagai validator (vi) teknik analisis data yaitu analisis hasil belajar melalui analisis statistik deskripsi, analisis statistika inferensial , dan analisis keaktifan siswa melalui lembar pengamatan aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah diberikan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan kontekstual terlihat dari data statistik pada pre tes nilai terendah 10,0, nilai tertinggi 65,0 , dan nilai rata-rata 39,8, sedang hasil belajar pada post tes nilai terendah 70,0 nilai tertinggi mencapai 100 dan nilai rata-rata mencapai 83,8, Sedang hasil sktifitas siswa berada pada kategori baik, ABSTRACT AGUS SUPLIHAT SUKIRAN. 2014. The Effectiveness of Mathematics Learning through Problem – Based Learning by Contextual Approach in SMP Negeri 2 Pangsid of Sidrap District ( supervised by Awi Dassa and Muhammad Darwis M ). One of the important variables in creating high-quality human resource is educational aspect; the mathematics learning outcomes achieved by the students are still low especially in SMP Negeri 2 Pangsid due to lack of learning effectiveness. Therefore, the aims of this research are (1) to examine the effectiveness of the students ‘mathematics learning outcomr in class VIIb at SMP Negeri 2 Pangsid of Sidrap district taught by the problem-based learning model of contextual approach; (ii) to discover the activeness of the students’ mathematics learning outcome in class VIIb at SMP Negeri 2 Pangsid of Sidrap district taught by problem-based learning model of contextual approach. The method of this research consisted fo (i) variable and research design in which the variable consisted of independent and dependent variable, (ii) the operational definition of variable, (iii) population and sample, the population was the 1st grade students of SMP Negeri 2 Pangsid consisting of 148 students, the sample was class VIIb consisting of 25 students,(iv) the research procedure consisted of preparation stage to design RPP (lesson plan), the implementation stage to implement learning process, (v) the research instrument consisted of lesson plan, students’ worksheet, the observation sheet of learning implementation, pre-test and post-test, the instrument validated by lecturer as validator , (vi) the data analysis techniques used were descriptive statistic analysis to examine the learning outcomes, inferential statistic analysis, and observation sheet of students ‘activities’to examine the students’ activeness. The result of the research showed the improvement of learning outcomes after the students were given problem-based learning model of contextual approach, proved by the statistical data in pre-test with the lowest score 10,0, the highest score 65,0, and the average score 39,8; whereas, the learning outcome in post-test showed the lowest score 70,0, the highest score 100,0, and the average score 83,8, and the students’ activity outcomes was in good category.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 06:44
Last Modified: 06 Dec 2016 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1591

Actions (login required)

View Item View Item