Pengaruh Model Pembelajaran dan Sikap Peserta didik Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri I Suppa. (Study pada materi pokok system koloid)

RUSNAH, RUSNAH (2014) Pengaruh Model Pembelajaran dan Sikap Peserta didik Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri I Suppa. (Study pada materi pokok system koloid). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RUSNAH.docx

Download (15kB)

ABSTRAK RUSNAH. Pengaruh Model Pembelajaran dan Sikap Peserta didik Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri I Suppa. (Study pada materi pokok system koloid). (di bimbing oleh Muhammad Anwar dan Tinggi Banngali). Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran dan Sikap Peserta didik Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri I Suppa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desaian factorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri I Suppa tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 64 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20 menggunakan analisis varian 2 arah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perolehan rata-rata hasil belajar untuk model pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai 70,31, sedangkan perolehan rata-rata hasil belajar untuk model pembelajaran direct Instruction mencapai 67,57. (2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe STAD dan yang mengikuti pembelajaran model direct Instruction. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang memiliki sikap tinggi dengan rata-rata 71,71 dan yang memiliki sikap rendah dengan rata-rata 56,30. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan sikap. ABSTRACT RUSNAH. 2014. The Influence Of Learning Model And Students Attitude On Learning Outcomes In Learning Chemistry At Sman I Suppa ( Case Study On Coloid System Material) ( Supervised by Muhammad Anwar and Tinggi Banggali) The study aims at examining the influence of learning model and students’ attitude on leaning outcomes in leaning Chemistry at SMAN I Suppa. The study is a quasi experiment with factorial 2x2. The population of the study was class XI IPA students at SMAN I Suppa of academic year 2013/2014 with as many as 64 students. Samples were taken randomly and obtained class XI IPA 1 and class IPA 2. The hypothesis test was conducted using SPSS 20 program with two-way variants. The results of the study reveal that (1) the average of learning outcomes using cooperative learning model of STAD type achieved 70,31 ; Whereas, learning outcomes using direct instruction learning model achieved 67,52, (2) there is no difference of students’ leaning outcomes using cooperative learning model of STAD type and the ones using direct instruction learning model , (3) there are differences of learning outcomes of students who have high attitude 71,71 and who have low attitude 56,30, (4) there is no interaction between learning model and attitude.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 03:35
Last Modified: 06 Dec 2016 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item View Item