Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Keterampilan Bepikir Kritis Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bulukumba

SUGRAH, NURFATIMAH (2014) Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Keterampilan Bepikir Kritis Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bulukumba. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NURFATIMAH SUGRAH.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK NURFATIMAH SUGRAH. Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Keterampilan Bepikir Kritis Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bulukumba (dibimbing oleh Tabrani Gani dan Jusniar). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran dan gaya kognitif dan interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bulukumba. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain factorial 2x2. Populasi penelitian adalah kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bulukumba tahun ajaran 2013/2014 yang bejumlah 152 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas XI IPA 1 dan IPA 2. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20 menggunakan analisis varian 2 arah/jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kategori keterampilan berpikir kritis peserta didik pada model pembelajaran PBL dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS tergolong sedang. Untuk kategori keterampilan berpikir kritis peserta didik pada gaya kognitif FI pada model pembelajaran PBL kategorinya tinggi sedangkan FI pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS kategorinya sedang. Gaya kognitif FD baik pada model pembelajaran PBL maupun kooperatif tipe TPS kategorinya sedang, (2) ada pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berpikir kritis kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bulukumba, (3) ada pengaruh gaya kognitif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bulukumba, (4) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif dalam mempengaruhi keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bulukumba. Kata kunci: Problem Based Learning, kooperatif tipe TPS, gaya kognitif, Keterampilan Berpikir Kritis ABSTRACT NURFATIMAH SUGRAH. 2014. The Influence of Instructional Model and Cognitive Style toward Critical Thinking Skill of Students in Class XI Science at SMAN 2 BULUKUMBA studied at acid-Base Subject Matter (supervised by Tabrani Gani dan Yusniar). This research aim to know the influence of instructional model and cognitive style as well as to identify the interaction between instructional model and cognitive style in influencing the critical thinking skill of students in class XI science at SMAN 2 Bulukumba. This is a quasi-experimental study by 2 x 2 factorial design. Population of the research was 152 students of class XI Science at SMAN 2 Bulukumba on the academic year of 2013/2014. The sample was taken by random sampling where the classes selected were class XI Science 1 and class XI science 2. The hypothesis test was conducted by the assistance of SPSS 20 program using the to ways variant analysis. The result indicates that: 1) student’s critical thinking skill on the PBL instructional model and cooperative instructional model type TPS was classified on the moderate category. Students with FI cognitive style is classified on the high category critical thinking skill on the PBL instructional model, while on cooperative instructional model type TPS is on the moderate category. FD cognitive style is good both on the PBL instructional model and cooperative model type TPS which is classified on the moderate category, 2) there is an influence of instructional model to the critical thinking skill of student class XI science SMAN 2 Bulukumba, 3) there is an influence of cognitive style toward the critical thinking skill of student, 4) there is no instruction between instructional model and cognitive style in influencing the critical thinking skills of students. Key word: Problem based learning, Cooperative of TPS type, Cognitive style, Critical thinking skill

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:54
Last Modified: 06 Dec 2016 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item