Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Setting Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbasis Strategi Generatif Pada Materi Hidrolisis Garam

SARFAN, ERNAWATI (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Setting Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbasis Strategi Generatif Pada Materi Hidrolisis Garam. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ERNAWATI SARFAN.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK ERNAWATI SARFAN, 2014, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Setting Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Berbasis Strategi Generatif Pada Materi Hidrolisis Garam (Dibimbing oleh Tabrani Gani dan Sumiati Side). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran kimia setting kooperatif tipe STAD berbasis strategi generatif yang valid, praktis dan efektif yang dikembangkan pada materi hidrolisis garam. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Al-Fiqri Telaga, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku dengan jumlah siswa 21 orang pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan 4-D. Tahap pertama menggambarkan permasalahan-permasalahan yang mendasar yang dihadapi guru dan siswa mengenai model pembelajaran dalam proses pembelajaran yang kurang digunakan oleh guru. Tahap kedua menghasilkan format dan desain awal perangkat pembelajaran sesuai dengan kegiatan analisis. Tahap ketiga menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan siap untuk diujicobakan untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisannya. Tahap keempat dilakukan setelah perangkat pembelajarannya direvisi. Tingkat kevalidan untuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebesar 4,56, buku siswa sebesar 3,89, lembar kerja siswa sebesar 4,33 dan tes hasil belajar sebesar 4,17 dengan direvisi kecil. Keberhasilan dalam uji coba lapangan ditunjukkan oleh tes hasil belajar dengan persentase kepraktisan sebesar 3,63%. Untuk keefektifan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran sebesar 91,67%, terhadap buku siswa sebesar 91,43% dan terhadap lembar kerja siswa sebesar 90,48%. Untuk kemampuan guru mengelola pembelajaran berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan kriteria yang digunakan untuk menilai perangkat pembelajaran yang dihasilkan yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan, perangkat yang dikembangkan belum memenuhi kualitas yang baik, sehingga masih perlu untuk direvisi kembali. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Kooperatif Tipe STAD Berbasis Strategi Generatif, dan hidrolisis garam. ABSTRACT ERNAWATI SARFAN. 2014. Development of Chemistry Learning Instrument of Cooperative Setting of STAD (Student Teams Achievement Division) Type based on Generative Strategy on Salt Hydrolysis Material (supervised by Tabrani Gani and Sumiati Side). This research is development research aims to obtain a valid, practical and effective Chemistry learning instrument of cooperative settings of STAD type based generative strategy which is developed on the salt hydrolysis material. Subjects were 21 students of class XI IPA at SMA Al-Fiqri Telaga in West Seram regency of Maluku Province in the second semester of academic year 2013/2014. The developed learning instrument used a 4-D Model which comprises on 4 stages, those are: first stage, describes the fundamental problems faced by teachers and students of the learning model in the learning process that is less used by the teacher; second stage, generates the format and initial design of learning instrument in accordance with the analytical work; third stage, produce a valid learning instrument and ready to be tested to determine its effectiveness and practicality; fourth stage, is done after the revised of learning instrument. The level of validity for the implementation of the lesson plan is 4.56, student’s book is 3.89, student worksheets is 4.33, and test of learning outcomes is 4.17 with minor revision. The success in field trials was indicated by the test of learning outcomes on the practicality percentage of 3.63%. The effectiveness of student’s response to the learning activities is 91.67%, student’s response towards the student book is 91.43%, and student’s response towards the student worksheets is 90.48%. Teacher’s ablity to manage the learning is in high category. Based on the criteria of validity, practicality, and effectiveness, it is discovered that the developed instruments have not met good quality, so it needs to be revised again. Keywords: Learning instrument, Cooperative of STAD type based on Generative Strategy, and Salt Hydrolysis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:46
Last Modified: 06 Dec 2016 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item View Item