Bausad, Andi Anshari (2013) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pembelajaran Penjasorkes terhadap perubahan karakter peserta didik kelas V SDI BATANG KALUKU Kab.Gowa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
AndiAnshariBausad.docx Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK AndiAnshariBausad, 2013. Implementasi Model PembelajaranKooperatifPadaPembelajaranPenjasorkesterhadapperubahankarakterpesertadidikkelas V SDI BATANG KALUKU Kab.Gowa(DibimbingolehAndiIhsandanNukhrawiNawir). Penelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (classroom action research) yang bertujuanuntukmengetahuipeningkatankualitaskarakrterpesertadidik yang pada semester sebelumnyamenggambarkankualitas yang cukuprendahmelaluipengimplementasian model pembelajarankooperatifpada semester genaptahunajaran 2012/2013padapesertadidikkelasV SDI BatangKaluku yang terdiridari 20pesertadidiklaki-lakidan 20 pesertadidikperempuan. penelitianinidilakukanselamaduasiklus yang terdiridariempattahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaantindakan, observasi, danrefleksi. Pelaksanaantindakandanobservasi (aktivitaspesertadidik) dilakukansebanyaktiga kali pertemuandansetelahnyadilakukanevaluasidandisetiapakhirsiklusdiadakanrefleksiuntukmengetahuikekurangan yang terjadi di siklus yang telahdilaksanakandanmelakukanperbaikanuntuksiklusselanjutnya. Pengumpulan data kualitaskarakterpesertadidikdilakukandenganevaluasimenggunakankusionernilai-nilaipendidikankarakterpadaakhirpertemuandisiklus I dansiklus II.Data yang terkumpuldianalisissecarakuantitatifdankualitatifdengandengananalisisdeskriptif.Hasilanalisismenunjukkanbahwajumlahpesertadidikdengankualitaskarakter yang mencapaiindikatorkeberhasilansesuaidenganstandarketuntasan minimal (70%)adalahsebanyak 38 pesertadidik (95%), denganrincian yang mencapaikategorisangatbaikadalah 22pesertadidik (55%) dankategoribaikadalah 16pesertadidik (40%.)Sedangkanpesertadidik yang belummencapaiindikatorkeberhasilan yang telahditentukansebanyak 2 pesertadidik (5%).Hasilanalisisterhadapobservasi yang dilakukanmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanaktivitasbelajarpesertadidikkelas V SDI BATANG KALUKU Kab.Gowadarisiklus I kesiklus II. Berdasarkanhasilpenelitian yang diperolehmakadapatdisimpulkanbahwaimplementasi model pembelajarankooperatifpadapembelajaranpendidikanjasmani, olahragadankesehatandapatmeningkatkanaktivitasbelajarkelompokpesertadidikdankualitaskarakterpesertadidik. Kata kunci : Model PembelajaranKooperatif, aktivitasbelajarkelompokpesertadidikdankualitaskarakterpesertadidik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pend. Jasmani dan Olahraga |
Divisions: | FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 01:58 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 01:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1560 |
Actions (login required)
View Item |