Peran Guru Pemandu PKn dalam Pelaksanaan KKG Pengaruhnya terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru SD di KabupatenGowa

MARYAM, MARYAM (2013) Peran Guru Pemandu PKn dalam Pelaksanaan KKG Pengaruhnya terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru SD di KabupatenGowa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MARYAM.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK MARYAM. 2013. Peran Guru PemanduPKndalamPelaksanaan KKG PengaruhnyaterhadapPeningkatanProfesionalisme Guru SD di KabupatenGowa. (DibimbingolehH. Mansyur HamiddanDr. Imam Suyitno). Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: gambaranperan guru pemanduPKndalampelaksanaan KKG di KabupatenGowa, gambaranprofesionalisme guru SD di KabupatenGowa, danpengaruh guru pemanduPKndalampelaksanaan KKG terhadappeningkatanprofesionalisme guru SD di KabupatenGowa. Jenispenelitianadalahpenelitiansurveidengan model penelitiankorelasional yang bersifatsatuarah. Variabelpenelitianyaituperan guru pemanduPKndalampelaksanaan KKG danprofesionallisme guru SD. Populasipenelitianyaitu guru SD di KabupatenGowa yang tersebarpada 37 KKG sebanyak 2.275 orang, kemudiandiambilsampelsecaracluster sampling sebanyak 3 sampelkecamatandengankategoriterdekat, sedang, danjauhsebanyak 221 guru sebagaisampelpenelitian. Pengumpulan data menggunakanangketdandokumentasi, sedangkanpengolahan data menggunakananalisisstatistikdeskriptifdanujihipotesismenggunakankorelasiproduct moment danuji t. Hasilpenelitianyaitu: (1) peran guru pemanduPKndalampelaksanaan KKG di KabupatenGowatergolongbaikdengan index rata-rata 41,63 %, (2) tingkatprofesionalisme guru SD di KabupatenGowatergolongtinggidengan index rata-rata 39,82 %, dan (3) adapengaruhpositif yang signifikanperan guru pemanduPKndalampelaksanaan KKG terhadappeningkatanprofesionalisme guru SD di KabupatenGowa.Kuatnyahubunganantaraperan guru pemanduPKndalampelaksanaan KKG denganprofesionalisme guru SD mencapai 55,06 %. Hasilpenelitian di atasadalahberdasarkanangketpenelitian yang meneliti 4 indikatorprofesionalisme guru yang meliputimerencanakan program belajarmengajar, melaksanakanpengelolaan proses belajarmengajar, menilaikemajuan proses belajarmengajardanmenguasaibahanpelajaran. Sementara data lain menyangkuttesUjiKompetensi Guru (UKG) yang dilaksanakanolehKementerinPendidikanNasionalmelalui LPMP hasilnyaberbedakarena yang dinilaimencakupseluruh standard kompetensipaedagogikdankompetensiprofesionaldenganmenggunakantestertulis yang bersifatobyektif. ABSTRACT MARYAM. 2013. Role Learn the Guide PKnin its Execution KKG Influence to Make-Up Of Professionalism Learn SD in Regency Gowa. (Guided by H. Mansyur Hamid and Imam Suyitno). This research aim to to know the: role picture learn the guide PKn in execution KKG in Regency Gowa, professionalism picture learn SD in Regency Gowa, and influence learn the guide PKn in execution KKG to make-up of professionalism learn SD in Regency Gowa. Research type is research survey with the model of research korelasional having the character of one way. Research variable that is role learn the guide PKn in execution of KKG and profesionallisme learn the SD. Research Population that is teacher SD in Regency Gowa which is gone the round of at 37 KKG as much 2.275 people, is laterthen taken by sampel by cluster is sampling as much 3 sampelsubdistrict with the category closest, and far as much 221 teacher as sampel research. Data collecting use the enquette and documentation, while data processing use the descriptive statistical analysis and test the hypothesis use the correlation of product moment and test t. Result of research that is: (1) role learn the guide PKn in execution KKG in Regency Gowa pertained by goodness, (2) professionalism storey;level learn SD in Regency Gowa pertained high, and (3) there is positive influence is which signifikan role learn the guide PKn in execution KKG to make-up of professionalism learn SD in Regency Gowa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:28
Last Modified: 06 Dec 2016 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1549

Actions (login required)

View Item View Item