Persepsi Guru dan Peserta Didik terhadap Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 17 Makassar

LAWENGA, GITA NIRMALA (2016) Persepsi Guru dan Peserta Didik terhadap Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 17 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
GITA NIRMALA LAWENGA.docx

Download (12kB)

ABSTRAK GITA NIRMALA LAWENGA. 2016. Persepsi Guru dan Peserta Didik terhadap Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 17 Makassar. (Dibimbing oleh M. Sidin Ali dan Muris) Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk untuk memperoleh suatu pandangan atau gambaran mengenai persepsi guru Fisika dan peserta didik SMA Negeri 17 Makassar terhadap implementasi Kurikulum 2013 pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran Fisika dengan jumlah subjek penelitian guru sebanyak 5 orang, peserta didik sebanyak 90 orang, dan wakasek Kurikulum 1 orang. Instrumen yang diigunakan kemudian divalidasi oleh dua orang validator ahli. Instrumen berupa kuesioner terdiri dari lembar-lembar pernyataan yang dikembangkan dalam bentuk skala Likert. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang menggunakan tabel distribusi frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi guru terhadap perencanaan pembelajaran Fisika berada pada kategori baik, (2) Persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik, (3) Persepsi guru terhadap penilaian pembelajaran Fisika berada pada kategori baik, (4) Persepsi peserta didik terhadap perencanaan pembelajaran Fisika berada pada kategori baik, (5) Persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik, (6) Persepsi peserta didik terhadap penilaian pembelajaran Fisika berada pada kategori baik. Kata Kunci: persepsi, Kurikulum 2013  ABSTRACT GITA NIRMALA LAWENGA. 2016. Teachers and Students’ Perceptions toward 2013 Curriculum Implementation at SMAN 17 Makassar. (Supervised by M. Sidin Ali and Muris) The study at revealing the description of Physics teacher and students at SMAN 17 Makassar toward 2013 curriculum implementation on lesson plan, learning implementation, and assessment of Physics learning. The study employs descriptive qualitative. The subjects of the study are 5 teachers, 90 students, and 1 Vice Principal of curriculum Affair. The instrument is in a form of questionnare which consists of pages of statements, developed in Likert scale. The instrument used is validated by two assessors. Data is then analyzed using descriptive analysis with frequency distribution table and percentage. The result of the study reveal that (1) teachers’ perceptions toward Physics lesson plan is in good category, (2) teachers’ perceptions toward learning implementation is in goog category, (3) teachers’ perceptions toward Physics assessment is in good category, (4) students’ perceptions toward Physics lesson plan is good category, (5) students’ perceptions toward learning implementation is in good category, and (6) students’ perceptions toward Physics assessment is in good category. Keywords: perception, 2013 curriculum

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:35
Last Modified: 05 Dec 2016 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1489

Actions (login required)

View Item View Item