“PeningkatanKemampuanMembacadalamMemahamiBeritadenganMenggunakanMetodeTPS (Think, Pair, Share) padaSiswaKelas VIIIU SMP Negeri 3 BontotiroKabupatenBulukumba.”

ISRAWATI, AMIR (2014) “PeningkatanKemampuanMembacadalamMemahamiBeritadenganMenggunakanMetodeTPS (Think, Pair, Share) padaSiswaKelas VIIIU SMP Negeri 3 BontotiroKabupatenBulukumba.”. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ISRAWATI.docx

Download (13kB)

ABSTRAK ISRAWATI AMIR.2014. “PeningkatanKemampuanMembacadalamMemahamiBeritadenganMenggunakanMetodeTPS (Think, Pair, Share) padaSiswaKelas VIIIU SMP Negeri 3 BontotiroKabupatenBulukumba.”Skripsi.JurusanBahasadanSastra Indonesia, FakultasBahasadanSeni, UniversitasNegeri Makassar.Dibimbingoleh Abdullah DoladanSulastriningsihDjumingin. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikanpeningkatankemampuanmembacadalammemahamiberitadenganmenggunakanmetodeThink Pair SharesiswakelasVIIIu SMP Negeri 3 BontotiroKabupatenBulukumba.Jenis penelitian ini adalah penelitiankualitatif yang berbentukpeneltiiantindakankelas (PTK). PenelitianTindakanKelasinidilaksanakan di SMP Negeri 3 BontotiropadakelasVIIIu semester 2 Tahunpelajaran 2013/2014.Data penelitianberupa data perencanaan, data pelaksanaan, dan data evaluasi. Data diperolehmelaluiobservasi, dantesdarisetiaptindakanperbaikanpenerapanpembelajaranThink Pair Share. Teknikpengumpulan data adadua, yaitutesdannontes.Teknikanalisisdanpengolahan data yang ditempuhpenelitidalampenelitianiniadalahdenganmenggunakanteknikanalisiskuantitatifdanteknikkualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaranmembacadalammemahamiberitadenganmetodethink pair sharemengalamipeningkatan. Hal initampakpada proses danhaislbelajarmembacaberitasiswa. Perubahantingkahlakumenunjukkanbahwasikapsiswasiklus I menunjukkantingkahlakunegatif yaitu perhatian siswa dalam proses pembelajaran belum terfokus, sebagian siswa masih pasif, dan siswa belum bisa menyesuaikan dengan pola pembelajaran yang diberikan peneliti. Pada siklus II sudah terjadi perubahan tingkah laku siswa. Perubahan tersebut mengarah pada perubahan positif yaitu siswa lebih serius dalam membaca, perhatian siswa dalam proses pembelajaran sudah terfokus, siswa sudah mulai aktif, dan siswa sudah bisa menyesuaikan dengan pola pembelajaran yang diberikan peneliti. Hasilevaluasipembelajaranmembacadalammemahamiberitadenganmetodethink pair sharemenunjukkanpeningkatan. Peningkatantersebutdapatdiketahuisetelahmembandingkanhasilteshasiltessiklus I danhasiltessiklus II padasetiapaspek.Padaaspekmenuliskanaspek 5W dan 1H memperoleh rata-rata sebesar 78,92danmengalamipeningkatan 14,61 dari rata-rata siklus I yang hanyamencapai 64,31. Aspekmembuatrangkuman yang berkaitandenganisiberitamemperoleh rata-rata sebesar 76,91danmengalamipeningkatan 19,71 dari rata-rata siklus I yang hanyamencapai 57,20. Adapunaspekmenyimpulkanisiberitamemperoleh rata-rata 75 danmengalamipeningkatan 27,95dari rata-rata siklus I yang hanyamencapai 47,05. Kata Kunci: Membaca,Berita,danMetodeThink, Pair, Share

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:56
Last Modified: 25 Apr 2016 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item