Meningkatkan Kemampuan Melakukan Praktikum dengan Metode Penyelidikan Kelompok Kelas X.1 SMA Negeri 15 Makassar

MUNAWWARAH, MUNAWWARAH (2015) Meningkatkan Kemampuan Melakukan Praktikum dengan Metode Penyelidikan Kelompok Kelas X.1 SMA Negeri 15 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MUNAWWARAH..docx

Download (18kB)

ABSTRAK MUNAWWARAH. Meningkatkan Kemampuan Melakukan Praktikum dengan Metode Penyelidikan Kelompok Kelas X.1 SMA Negeri 15 Makassar (dibimbing oleh Jasruddin dan Bungadara Amin) Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan kemampuan melakukan praktikum siswa (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan (3) membentuk sikap positif siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan metode penyelidikan kelompok khususnya siswa kelas X.1 SMA Negeri 15 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas adaftasi dari Kemmis& MC Taggart yang terdiri dari dua siklus. Data yang dikumpulkan meliputi: (1) Kemampuan melakukan praktikum, (2) aktivitas belajar siswa, dan (3) sikap belajar siswa. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, tes unjuk kerja, wawancara dan angket. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di laksanakan di SMA Negeri 15 Makassar kelas X.1 Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan deskriftif dengan menghitung skor total, persentase tiap indikator dengan mengacu pada tabel hasil pengamatan dengan kategori tidak mampu, kurang mampu, mampu dan sangat mampu. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kemampuan dan aktivitas siswa, tes unjuk kerja untuk kemampuan, angket untuk mengetahui sikap siswa dan wawancara untuk observasi guru. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa dengan metode penyelidikan kelompok terhadap pelajaran fisika, kemampuan melakukan praktikum, aktivitas siswa meningkat dan sikap siswa positif. Hasil pengamatan kemampuan melakukan praktikum menunjukkan pada siklus I frekuensi pada kurang mampu 12 atau 37,5 % , pada kategori mampu 20 atau 62,5 % sedangkan pada kategori sangat mampu 0 atau 0%, sedangkan pada siklus II pada kategiri tidak mampu dan kurang mampu o% , pada kategori mampu 3 atau 9,4 % dan pada kategori sangat mampu 29 atau 90,6 %. Hal ini sesuai yang di harapkan yakni 85% siswa berada pada kategori mampu dan sangat mampu. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa dengan penyelidikan kelompok kemampuan melakukan praktikum , aktivitas siswa meningkat dan membentuk sikap positif siswa dalam proses pembelajaran fisika ABSTRACT MUNAWWARAH. Improvement of ability in Conducting Practicum with the Group Investigation Method of Grade X.1 at SMAN 15 Makassar (Supervised by Jasruddin and Bungadara Amin) This study aimed at: (1) improving student ability in conducting practicum, (2) Improving student learning activities, and (3) forming students’ positive attitude in learning process of physics subject with group investigation particularly students of grade X.1, Senior High School 15 Makassar. This study is classroom action research adapted from Kemmis & MC Taggart which consisted of two cycles. Data which was collected include: (1) the ability to conduct the practicum, (2) students’ learning activities, and (3) students’ learning attitudes. Data were collected through observation, performance test, interview, and questionnaire. Data were then analyzed by employing qualitative and quantitative analysis. The study was conducted at SMAN 15 Makassar in grade X.1. Data aanalysis employed qualitative analysis and descriptive analysis by counting the total score, percentage on each of indicator which referred to the observation table with the categories of incapable, less capable, capable, and extremely capable. Data were collected by using observation sheet on the performance and students’ activity, performance test for ability, questionnaire to examine students’ attitude and interview for teacher’s observation. The result of the studyrevealed that using group investigation method learning Physics subject, the abilities in conducting practicum were students’ activity was improve and students’attitude was positive. The result on the observation of the ability in conducting the practicum showed that in cycle I the frequency was incapable ategory which was 12 or 37,5%, capable category which was 20 or 62,5%,and extremely capable category which was 0%, where as in cycle II, the category of incapable and less capable were 0%, the capable category was 3 or 9,4%, and extremely category was 29 or 90,6%. This result met the expectation that 85% students’ was in capable category and extremely capable category. The conclusion based on this study was students’ activity was improved and formed positive attitude in learning physics subject by conducting group inestigation method for practicum.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:25
Last Modified: 05 Dec 2016 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1466

Actions (login required)

View Item View Item