Pengembangan Perangkat Pembalajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logik Peserta Didik

ERWINSYAH, ALFIAN (2013) Pengembangan Perangkat Pembalajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logik Peserta Didik. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Erwinsyah, Alfian.docx

Download (14kB)

ABSTRAK ALFIAN ERWINSYAH. 2013. Pengembangan Perangkat Pembalajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logik Peserta Didik. (Dibimbing oleh Kaharuddin Arafah dan Rahmini Hustim). Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Buku Peserta Didik (BPD), (3) Lembar Kegiatan Peserta Dididk (LKPD), (4) Lembar pengamatan aktivitas peserta didik, (5) Lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat, (6) Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, (7) Angket respon peserta didik, dan (8) Tes Kemampuan berpikir logik. Pengembangan model perangkat yang digunakan mengacu pada model dari Kemp yang terdiri dari tiga tahap yaitu: (1) define (pendefenisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) profil perangkat pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir logik peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Sinjai Selatan. (2) peningkatan kemampuan berpikir logik peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Sinjai Selatan setelah diajar dengan menggunakan perangkat fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang telah (3) respon peserta didik terhadap perangkat dan kegiatan pembelajaran fisika model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang diterapkan. Ujicoba perangkat dilaksanakan pada peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Sinjai Selatan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, menunjukkan bahwa (i) Profil perangkat pembelajaran model kooperatif tipe investigasi kelompok berupa: : (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Buku Peserta Didik (BPD), (3) Lembar Kegiatan Peserta Dididk (LKPD), (4) Lembar pengamatan aktivitas peserta didik, (5) Lembar pengamatan keterlaksanaan perangkat, (6) Lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, dan (7) Angket respon peserta didik adalah valid, praktis, efektif (ii) Peningkatan kemampuan bepikir logik peserta didik setelah diterapkan pembelajaran model kooperatif tipe investigasi kelompok termasuk pada kategori rendah, (iii) Respon peserta didik terhadap perangkat dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran model kooperatif tipe investigasi kelompok umumnya memberikan respon positif. ABSTRACT ALFIAN ERWINSYAH. 2013. Development Of Physics Learning Devices of Group Investigation Cooperative Model to Increase Students Logical Thinking Skills. (supervised by Kaharuddin Arafah and Rahmini Hustim) This research is a type of research and development study which develop physics learning devices in forms of (1) lesson plan, (2) students’ text book, (3) students’ worksheet, (4) observation sheet of students’ activities, (5) observation sheet of devices implementation, (observation sheet of teaching and learning management, (7) questionnaire of students’ response, and (8) logical thinking skills test. The devices model developed reffered to Kemp model, which comprises in to three phases, namely define, design, and develop. The objectives of this research were to identify (1) the profile of learning devices of group investigation cooperative model that can increase the logical thinking skill of VIII grade students at SMP 1 Sinjai Selatan; (2) the increasing of students’ logical thinking skill at grade VIIIF of SMP Negeri 1 Sinjai Selatan after been taught by using learning devices of group investigation cooperative model; and (3) students’ response to the devices and physics learning activities of group investigation cooperative learning model that applied. Based on the result of data anlysis and discussion, it is showed that (i) the profile of learning devices of group investigation cooperative model in the form of (1) lesson plan (2) student text book (3) student worksheet (4) observation sheet of student activities (5) observation sheet of devices implementation (6) obsevation sheet of devices implementation (7) questionnaire of students reponse were valid, practical and effective; (ii) students logical thinking skill after the implementation of group investigation cooperative learning model was classified on the low category; and (iii) commonly, student response positively to the devices and the implementation of learning activities by group investigation cooperative learning model.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 01:25
Last Modified: 05 Dec 2016 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1463

Actions (login required)

View Item View Item