PENGARUH PEMBERIAN TES FORMATIF TERKOREKSI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 19 MAKASSAR

Wijayani, Wilda (2019) PENGARUH PEMBERIAN TES FORMATIF TERKOREKSI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 19 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL WILDA.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk: (1) memperoleh informasi tentang perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dilengkapi komentar dengan peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi tanpa komentar ditinjau dari kreativitas tinggi; (2) memperoleh informasi tentang perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dilengkapi komentar dengan peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi tanpa komentar ditinjau dari kreativitas rendah; (3) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar fisika secara umum, peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dilengkapi komentar dengan hasil belajar fisika peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi tanpa komentar; (4) mendeskripsikan pengaruh interaksi antara pemberian tes formatif terkoreksi dengan kreativitas belajar terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik. Rancangan penelitian faktorial 2 x 2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 19 Makassar yang terbagi atas 3 kelas. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yang dipilih secara purposive random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dilengkapi komentar dan peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi tanpa komentar ditinjau dari kreativitas tinggi; (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dilengkapi komentar dan peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi tanpa komentar ditinjau dari kreativitas rendah; (3) secara keseluruhan, terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dilengkapi komentar dan peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi tanpa komentar; (4) tidak terdapat pengaruh interaksi antara pemberian tes formatif terkoreksi dan kreativitas terhadap hasil belajar fisika. Kata Kunci: Tes Formatif Terkoreksi, Kreativitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Aug 2019 06:02
Last Modified: 19 Aug 2019 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14599

Actions (login required)

View Item View Item