Kontribusi Panjang Lengan, Kekuatan otot Lengan dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan renang gaya bebas pada perenang pemula garuda laut kota makassar

A.HERI, RISWANTO (2015) Kontribusi Panjang Lengan, Kekuatan otot Lengan dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan renang gaya bebas pada perenang pemula garuda laut kota makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
A.HERI RISWANTO.docx

Download (24kB)

ABSTRAKSI A.HERI RISWANTO.2015. Kontribusi Panjang Lengan, Kekuatan otot Lengan dan kekuatan tungkai terhadap kemampuan renang gaya bebas pada perenang pemula garuda laut kota makassar. (dibimbing oleh : Nadwi Syam dan Herman) Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban atas permasalahan : ada tidaknya kontribusi atau sumbangan panjang lengan, kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan renang gaya bebas pada perenang pemula garuda laut. Populasi penelitian 43 perenang pemula garuda laut. Sampel yang dipergunakan sebanyak 30 orang perenang pemula putra dan teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang berbentuk korelasional dan instrumen ; (1) panjang lengan, (2) kekuatan otot lengan, (3) kekuatan otot tungkai dan (4) kemampuan renang gaya bebas. Pengolahan data penelitian adalah menggunakan statistik deskriptif inferensial. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi dan regresi ganda dengan menggunakan tarif α = 0,05. Melalui pengelolahan data diperoleh hasil sebagai berikut : (1) kontribusi panjang lengan terhadap kemampuan renang gaya bebas sebesar 31,2 % (2) bahwa kontribusi kekuatan otot lengan terhadap kemampuan renang gaya bebas sebesar 44,2 %. (3) kontribusi kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan renang gaya bebas sebesar 50,2 % (4) , kekuatan otot lengan dan kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan renang gaya bebas sebesar 59,5 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:55
Last Modified: 25 Apr 2016 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item