PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DOMAIN AFEKTIF BERBASIS SELF ASSESMENT PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 5 BULUKUMBA

Sabdinar, Titi (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DOMAIN AFEKTIF BERBASIS SELF ASSESMENT PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 5 BULUKUMBA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL TESIS.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK TITI SABDINAR. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Domain Afektif Berbasis Self Assesment Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X. (Dibimbing oleh Ruslan dan Alimuddin Ali). Tujuan Penelitian ini adalah: (i) Untuk mengetahui proses pengembangan instrument penilaian domain afektif berbasis self assesment pada mata pelajaran biologi kelas X, (ii) Untuk memperoleh validitas instrumen penilaian domain afektif berbasis self assessment pada mata pelajaran biologi kelas X, (iii) Untuk memperoleh reliabilitas instrumen penilaian domain afektif berbasis self assessment pada mata pelajaran biologi kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan plomp. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA yang berjumlah 88 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, angket penilaian domain afektif dan angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) proses pengembangan dilakukan melalui beberapa fase yaitu fase investigasi, fase desain, fase realisasi (konstruksi) dan fase tes, evaluasi dan revisi, (ii) hasil perhitungan koefisien validitas isi untuk uji coba pertama dan kedua diperoleh nilai 0,80 dan 1,00 sehingga perangkat penilaian domain afektif berbasis self assessment dinyatakan valid, (iii) hasil pengujian koefisien alpha crombach diproleh nilai untuk uji coba pertama 0.699, 0.687, 0.623 dan 0.620 sedangkan untuk uji coba kedua diperoleh nilai 0.710, 0.707, 0.707 dan 0.661, sehingga perangkat penilaian domain afektif berbasis self assessment dinyatakan reliable karena berada pada tingkat reliabilitas tinggi untuk uji coba pertama dan kedua. Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Domain Afektif, Self Assesment.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:33
Last Modified: 05 Aug 2019 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14379

Actions (login required)

View Item View Item