Nurbaya, Hj (2013) Pengaruh bermain Fantasi di luar kelas terhadap kemampuan fisik motorik anak di TK Kartika IX-5 Kostrad Kariango Kabupaten Maros. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
Hj. Nurbaya.docx Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK Hj. Nurbaya. 2013. Pengaruh bermain Fantasi di luar kelas terhadap kemampuan fisik motorik anak di TK Kartika IX-5 Kostrad Kariango Kabupaten Maros. (Dibimbing oleh Arifin Ahmad dan Lukman Najamuddin) Bermain fantasi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di luar kelas dan membutuhkan ruang gerak yang luas sehingga anak-anak bebas mengekpresikan cerita-cerita yang disajikan seolah-olah anak-anak juga berada atau ikut merasakan dan melakukan apa yang ada dalam cerita. Kegiatan ini digunakan dalam proses pembelajaran terutama pada kegiatan yang berhubungan dengan fisik motorik anak. Semua anak ikut aktif berperan dalam kegiatan ini. Fisik motorik anak merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dilatih/dikembangkan ketika masih berada pada umur anak usia dini yaitu 0 sampai 6 tahun. Fisik motorik anak akan terbentuk dengan baik ketika semua komponen yang berkaitan dengan petumbuhan anak usia dini khusunya perkembangan motoriknya terpenuhi sesuai dengan tahapan-tahapan perkembangan anak. Salah satu komponen yang akan diteliti adalah apakah senam fantasi merangsang kemampuan fisik motorik anak. Metode itu adalah bermain di luar kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana gambaran pelaksanaan bermain fantasi di luar kelas? (ii) Bagaimana kemampuan fisik motorik anak sebelum (pretest) dan setelah (postest) melakukan kegiatan bermain fantasi di luar kelas? (iii) Apakah ada pengaruh bermain fantasi di luar kelas terhadap kemampuan fisik motorik anak? Tujuan Penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan bermain fantasi di luar kelas, (ii) Untuk mengetahui kemampuan fisik motorik anak sebelum (pretest) dan setelah (postest) melakukan kegiatan bermain di luar kelas (senam f, (iii) Untuk menguji pengaruh bermain fantasi di luar kelas terhadap kemampuan fisik motorik anak. Hasil penelitian menujukkan bahwa (i) bermain fantasi di luar kelas terdiri atas 3 komponen yaitu kegiatan pemanasan, kegiatan inti, dan kegiatan pendinginan, (ii) kemampuan fisik motorik anak sebelum mengikuti kegiatan bermain fantasi di luar kelas berada pada kategori rendah dan kemampuan fisik motorik anak setelah mengikuti pembelajaran bermain fantasi di luar kelas berada pada kategori tinggi, (iii) Terdapat pengaruh positif bermain fantasi di luar kelas terhadap kemampuan fisik motorik anak di TK Kartika IX-5 Kostrad Kariango Kabupaten Maros ABSTRACT Nurbaya, 2013. The influence of gymnastics fantasy towards Physical Motor Skills of Children at TK Kartika IX-5 Kostrad Kariango in Mros District (supervised by Arifin Ahmad and Lukman Najamuddin) Gymnastics fantasy is an activity conduct outside if the classroom and needs spascious movement mhich enables children to expess themselves on the presented story as if they are part of the story. This activity is used in learning process, particulary the activity related to physical motor skill of children is a basic skill which should be developed when they are within the children is at the age of 0 – 6 years old. The physical motor skills will be formed well when all of the components related to the development of early childhood, particularly their motor skills have been fulfilled according to the stages of child development. One of the components to be studied is wheather the gymnastics fantasy stimulates physical motor skills of children. The method used is gymnastics fantasy. The problem statements of the study are (i) how is the description on the implementation of gymnastics fantasy? (ii) how is the physical motor skills of children before (pretest) an after (posttest) conducted gymnastics fantasy? (iii) is there any influence of gymnastics fantasy toward physical motor of children? The study aimed at examining (i) the implementation of gymnastics fantasy, (ii) the physical motor skills of children before (pretest) an after (posttest) conducted gymnastics fantasy, and (iii) the influence of gymnastics fantasy toward physical motor of children. The results of the study indicated that (i) the implementation of gymnastics fantasy consisted three components, namely warning-up activity, core activity, and cooling-down activity, (ii) the physical motor skills of children before conducted gymnastics fantasy was in low category and it was in high category after the gymnastics fantasy was conducted, abd (iii) there were positive influences of gymnastics fantasy toward physical motor of children at TK Kartika IX-5 Kostrad Kariango in Maros district.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Evaluasi Pendidikan |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 07:39 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 07:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1435 |
Actions (login required)
View Item |