PENGARUH PENGETAHUAN MENGGAMBAR TEKNIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA SMK NEGERI 2 PAREPARE cakra7raning@gmail.com

CAKRA. R, CAKRA. R (2019) PENGARUH PENGETAHUAN MENGGAMBAR TEKNIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA SMK NEGERI 2 PAREPARE cakra7raning@gmail.com. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI CAKRA.pdf

Download (656kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abstrak, Cakra. R, 2019. Pengaruh Pengetahuan Menggambar Teknik Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Gambar Teknik Siswa SMK Negeri 2 Parepare: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2018. Pembimbing I : Muhammad Ardi, Pembimbing II : Bakhrani A. Rauf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran pengetahuan menggambar teknik siswa di SMK Negeri 2 Parepare, 2) gambaran motivasi belajar gambar teknik siswa di SMK Negeri 2 Parepare, 3) gambaran pestasi belajar gambar teknik siswa di SMK Negeri 2 Parepare, 4) pengaruh pengetahuan menggambar teknik terhadap prestasi belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 2 Parepare, 5) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 2 Parepare, dan 6) pengaruh pengetahuan menggambar teknik dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 2 Parepare. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Parepare tahun 2018/2019 yang telah melalui mata pelajaran Gambar Teknik dengan jumlah populasi 87 orang dan jumlah sampel 72 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasi,pengumpulan data dilakukan dengan metode mengkaji dokumentasi dan kuesioner. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yakni 1) pengetahuan menggambar teknik siswa SMK Negeri 2 Parepare dan 2) motivasi belajar siswa SMK Negeri 2 Parepare. Variabel terikat yakni Prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Parepare.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1)pengetahuan menggambar teknik siswa SMK Negeri 2Parepareberada dalam kategori tinggi sebanyak 47 orang dari 72 siswa dengan persentase 65.3%, 2) motivasi belajar siswa SMK Negeri 2 Parepare berada pada kategori tinggi sebanyak 51 orang dari 72 siswa dengan presentase sebesar 70.8%, dan 3) Prestasi Belajar siswa SMK Negeri 2 Parepare berada pada kategori baik dengan persentase 63.9% dengan jumlah 46 orang dari 72 orang. Hasil analisis uji hipotesis regresi sederhanamenunjukan bahwa,4) pengetahuan menggambar teknik memiliki pengaruh yang baik terhadap prestasi belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 2 Parepare. Persamaan garis regresi pengaruh pengetahuan menggambar teknik dapat dinyatakan dengan Y = 40.471 + 4.100 X 1 +  . 5) Motivasi belajar memiliki pengaruh yang baik terhadap prestasi belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 2 Parepare. Persamaan garis regresi pengaruh motivasi  . Sedangkan hasil analisis uji hipotesis regresi berganda menunjukan bahwa, 6) pengetahuan menggambar teknik dan belajar dapat dinyatakan dengan Y = 4.546 + 1.390 X 2 + motivasi belajar gambar teknik memiliki pengaruh yang baik terhadap prestasi belajar gambar teknik siswa SMK Negeri 2 Parepare.Persamaan garis regresi pengaruh kemampuan kognitif menggambar dapat dinyatakan dengan Y = 12.017+ 1.020X 1 + 1.070 X 2 . Kata Kunci :Pengetahuan Menggambar Teknik, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Gambar Teknik + 

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:00
Last Modified: 29 Jul 2019 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14299

Actions (login required)

View Item View Item