Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita pada Siswa Kelas VIIIB SMP YP-PGRI 4 Makassar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script.

Fitriadi, Idris. (2013) Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita pada Siswa Kelas VIIIB SMP YP-PGRI 4 Makassar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Fitriadi Idris..docx

Download (11kB)

ABSTRAK Fitriadi Idris. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita pada Siswa Kelas VIIIB SMP YP-PGRI 4 Makassar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script. Skripsi. Dibimbing oleh Mayong Maman dan Syarifah Djamilah. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan kemampuan menyimak berita siswa kelas VIIIB SMP YP-PGRI 4 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini dianalisis melalui data proses pembelajaran dan data hasil pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah guru sebanyak 1 orang dan siswa kelas VIIIB SMP YP-PGRI 4 Makassar dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kemampuan menyimak berita mengalami peningkatan baik dalam proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan rata-rata hasil tes siklus I diketahui 73,17 dan hasil tes siklus II rata-rata 76,83 ditinjau dari pencapaian ketuntasan belajar siswa pada siklus I diperoleh 80% dan siklus II diperoleh 90%. Dengan demikian, ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10%, siklus II memeroleh hasil yang lebih efektif setelah melakukan perbaikan di siklus I karena itu penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia, kiranya dapat menerapkan model pembelajaran Cooperative Script sebagai salah satu alternatif yang dapat dipilih dalam proses pembelajaran menyimak berita. Kemudian dalam menerpakan pembelajaran Cooperative Script, hendaknya guru Bahasa dan Sastra Indonesian dapat memerhatikan efektifitas dalam mengelolah kelas dan penggunaan waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PGSD
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:55
Last Modified: 25 Apr 2016 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item