Pengaruh Macromedia Flash dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar (Studi pada Materi sifat koligatif larutan)

M., Khairunnisa (2018) Pengaruh Macromedia Flash dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar (Studi pada Materi sifat koligatif larutan). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Khairunnisa.docx

Download (29kB)

Abstract

Khairunnisa M, 2018. Pengaruh Macromedia Flash dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar (Studi pada Materi sifat koligatif larutan). Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Army Auliah dan Taty Sulastry). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode quasy experiment yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh macromedia flash dalam model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar tahun pelajaran 2018/2019 pada materi pokok sifat koligatif larutan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi adalah kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar yang terdiri dari sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas XII MIA3 sebagai kelompok eksperimen dan XII MIA4 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dibelajarkan dengan memberikan macromedia flash dalam model pembelajaran discovery learning dan kelompok kontrol yang dibelajarkan tanpa macromedia flash dalam model pembelajaran discovery learning. Variabel bebas adalah pemberian macromedia flash dalam model pembelajaran discovery learning dan tanpa pemberian media dalam model pembelajaran discovery learning sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata pretest dan posttest siswa kelas eksperimen berturut-turut yaitu 36.08 dan 85.27 dengan rata-rata N-gain 0,7699 dan nilai rata-rata pretest dan posttest siswa kelas kontrol berturut-turut yaitu 31.80 dan 70.41 dengan rata-rata N-gain 0,5687. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji mann-whitney diperoleh nilai Zhitung (5.37) > Ztabel(1.64). Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh macromedia flash dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XII MIA SMA Negeri 2 Makassar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, macromedia flash, sifat koligatig larutan.
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:34
Last Modified: 28 Jun 2019 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13768

Actions (login required)

View Item View Item