Pengaruh Strategi Pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) dalam Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gowa pada Materi Pokok Laju Reaksi

Nasution, Sitti Hajar (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) dalam Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gowa pada Materi Pokok Laju Reaksi. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Hajar.docx

Download (63kB)

Abstract

Sitti Hajar Nasution. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) dalam Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gowa pada Materi Pokok Laju Reaksi. Skripsi. Jurusan Kimia, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sumiati Side dan Danial). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) dalam model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Gowa pada materi pokok laju reaksi. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Gowa yang terdiri dari 12 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 1 dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran predict, observe and explain (POE) dalam model discovery learning dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 2 dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Hasil analisis prasyarat statistik inferensial terhadap posttest hasil belajar menunjukkan bahwa data pada kelas ekperimen tidak terdistribusi normal sedangkan pada kelas kontrol terdistribusi normal dan berasal dari populasi yang tidak homogen, sehingga dilakukan uji non parametrik. Uji non-parametrik yang dilakukan yaitu uji Mann-Whitney dengan α = 0,05 dan dk = 3 diperoleh zhitung > ztabel (2,85>1.64). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruh strategi pembelajaran Predict, Observe and Explain (POE) terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 1 Gowa pada materi pokok laju reaksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Predict, Observe and Explain (POE), discovery learning, dan hasil belajar
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN KIMIA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:34
Last Modified: 28 Jun 2019 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13764

Actions (login required)

View Item View Item