Penerapan Pembelajaran Model Glasser Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 1 Galesong Selatan Pada Mata Pelajaran Kkpi

RS, Asmaul Husna (2016) Penerapan Pembelajaran Model Glasser Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 1 Galesong Selatan Pada Mata Pelajaran Kkpi. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ASMAUL HUSNA RS_2016.docx

Download (54kB)

Abstract

Asmaul Husna RS, 1229542013. Penerapan Pembelajaran Model Glasser Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 1 Galesong Selatan Pada Mata Pelajaran Kkpi. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassar. 2016. Pembimbing. M Yusuf Mappeasse, Mustari S. Lamada. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran praktikum KKPI di kelas X TKJ 1 yang menyebabkan rendahnya hasil belajar KKPI siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas, maka diterapkan pembelajaran model Glasser untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Galesong Selatan pada mata pelajaran KKPI. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini adalah SMK Negeri 1 Galesong Selatan yang terletak di Kabupaten Takalar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 pada semester genap tahun pelajaran 2016 dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I dan siklus II merupakan rangkaian kegiatan yang saling berkaitan, dalam artian pelaksanaan siklus II merupakan kelanjutan perbaikan dari siklus I. Masing-masing siklus diadakan sebanyak empat kali pertemuan yang terdiri dari tiga kali proses belajar mengajar ditambah satu kali tes siklus. Dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan (Planning), tindakan (Action), observasi (Observation ) dan refleksi (Reflection). Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar KKPI siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan pada siklus II dengan rata-rata persentase yang diperoleh berada pada kategori baik sekali. Pada siklus I terdapat 24 siswa yang memenuhi kategori baik yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pada siklus II sebanyak 35 siswa yang memenuhi kategori sangat baik yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran model Glasser dapat meningkatkan hasil belajar KKPI di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Galesong Selatan Kabupaten Takalar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Glasser, Hasil Belajar, KKPI.
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:34
Last Modified: 28 Jun 2019 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13738

Actions (login required)

View Item View Item