Penerapan Metode Learning Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 20 Pangkajene Pada Mata Pelajaran TIK. Skripsi

Hasanuddin, Hasanuddin (2018) Penerapan Metode Learning Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 20 Pangkajene Pada Mata Pelajaran TIK. Skripsi. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
hasanuddin.docx

Download (29kB)

Abstract

Hasanuddin.,1229040063, 2018. Penerapan Metode Learning Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 20 Pangkajene Pada Mata Pelajaran TIK. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, Pembimbing: Syamsurijal dan Massikki. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui penerapan Metode learning tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Al Farabi SMAN 20 Pangkajene yang berjumlah 32 siswa. Data Penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan Metode Learning Tournament dilaksanakan masih banyak siswa yang belum tuntas. Pada pelaksanaan tindakan Siklus I terjadi peningkatan dari hasil tes sebelumnya tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Pada pelaksanaan tindakan siklus II nilai hasil belajar siswa telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Learning tournament dalam mengajarkan pokok bahasan mengoperasikan Microsoft excel pada siswa kelas XI IPS Al Farabi SMAN 20 Pangkajene hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Learning Tournament, Hasil Belajar, TIK
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr Andi Anto Patak
Date Deposited: 21 Jun 2019 07:32
Last Modified: 21 Jun 2019 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13577

Actions (login required)

View Item View Item