PENGARUH KESADARAN METAKOGNITIF, KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA

NASIR, NORMA (2019) PENGARUH KESADARAN METAKOGNITIF, KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel_Norma Nasir_Pps UNM.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung variabel kesadaran metakognitif, kemampuan berpikir logis, dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah 1245 siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa tahun pelajaran (2017/2018). Sampel penelitian 194 siswa yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket kesadaran metakognitif, tes kemampuan berpikir logis, angket kemandirian belajar, dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri dikecamatan Pallangga Kabupaten Gowa memiliki kesadaran metakognitif berada pada kategori sedang, kemampuan berpikir logis berada pada kategori sedang, kemandirian belajar berada pada kategori tinggi, dan hasil belajar berada pada kategori sedang. (2) Kesadaran metakognitif berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri dikecamatan Pallangga Kabupaten Gowa dengan nilai koefisien sebesar 0,245. (3) Kemampuan berpikir logis berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri dikecamatan Pallangga Kabupaten Gowa dengan nilai koefisien sebesar 0,167. (4) Kemandirian belajar berpengaruh positif secara langsung terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri dikecamatan Pallangga Kabupaten Gowa dengan nilai koefisien sebesar 0,436. (5) Kesadaran metakognitif berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri dikecamatan Pallangga Kabupaten Gowa dengan nilai koefisien sebesar 0,476. (6) Kemampuan berpikir logis berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri dikecamatan Pallangga Kabupaten Gowa dengan nilai koefisien sebesar 0,221. Kata kunci : kesadaran metakognitif, kemampuan berpikir logis, dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Jun 2019 00:24
Last Modified: 10 Jun 2019 00:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/13334

Actions (login required)

View Item View Item